!-- Mobicow.com Ad Code Start : Do Not Modify -->

Rangkuman Materi Pelajaran PJOK Kelas 9 SMP

Thursday, September 8th, 2016 - Kelas 9 SMP, Penjaskes

Rangkuman materi pelajaran PJOK kelas 9 SMP pada halaman ini disusun berdasrkan buku paket pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk kelas 9 SMP yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran PJOK kelas 9 SMP secara lengkap.Rangkuman Materi Pelajaran PJOK Kelas 9 SMP

Rangkuman Materi Pelajaran PJOK Kelas 9 SMP

Bab 1 Permainan dan Olahraga

  1. Permainan sepak bola adalah salah satu jenis permainan bola besar beregu.
  2. Sepakbola bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukkan bola.
  3. Jumlah pemain dalam satu tim atau kesebelasan terdiri dari 11 pemain.
  4. Teknik-teknik bermain sepakbola adalah sebagai berikut:
    1. mengumpan
    2. menghentikan
    3. menendang;
    4. menggiring.
  5. Permainan soft ball adalah salah satu jenis permainan bola kecil beregu.
  6. Permainan soft ball mirip dengan permainan kasti, hanya bentuk lapangannya berbeda.
  7. Tujuan lompat jauh adalah melompat sejauh-jauhnya.
  8. Gaya-gaya dalam lompat jauh, yaitu
    1. gaya jongkok (tuck);
    2. gaya lenting/menggantung (schnapper);
    3. gaya berjalan di udara (walking in the air).
  9. Cara melempar lembing dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu tanpa awalan dan dengan awalan.
  10. Setelah gerakan melempar, terjadi gerakan mengikuti lemparan (follow through).

Bab 2 Latihan untuk Meningkatkan Kebugaran

  1. Komponen kebugaran  meliputi beberapa hal, yaitu daya tahan kardiovaskuler atau daya tahan jantung dan paru-paru, daya tahan otot, kekuatan otot, kelentukan, komposisi tubuh, kecepatan gerak, kelincahan, keseimbangan, kecepatan reaksi dan koordinasi.
  2. Daya tahan jantung dan paru-paru umumnya diartikan sebagai ketahanan terhadap kelelahan dan kemampuan pemulihan segera setelah mengalami kelelahan.
  3. Daya tahan yang tinggi dapat mempertahankan penampilan dalam jangka waktu yang relatif lama secara terus menerus.
  4. Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan kekuatan ini adalah berlatih menggunakan beban atau dengan kata lain latihan beban (weight training).
  5. Fleksibilitas adalah komponen kesegaran jasmani yang sangat penting dikuasi oleh seseorang.

Bab 3 Senam Lantai

  1. Latihan senam meningkatkan kebugaran dan membentuk postur tubuh.
  2. Senam lantai disebut juga dengan istilah latihan bebas karena gerakan senam dilakukan tanpa menggunakan alat.
  3. Latihan senam lantai akan lebih aman jika dilakukan di atas matras.
  4. Gerakan meloncat berputar arah berguna melatih kelenturan otot punggung dan tangan.
  5. Berdiri di atas kepala disebut juga kopstand atau headstand.

Bab 4 Senam Irama

  1. Senam irama disebut juga senam ritmik. Gerakannya diiringi irama musik atau tanpa musik.
  2. Senam ritmik dengan atau tanpa menggunakan alat. Alat senamnya gada, simpai, tongkat, bola, pita, dan topi.
  3. Di Indonesia, senam irama sudah berkembang dengan baik. Hal itu dibuktikan dengan diselenggarakannya senam tersebut di sekolahsekolah dan di perkantoran.
  4. Biasanya senam irama dilaksanakan secara bersama-sama.
  5. Senam irama bergantung pada kekompakan gerak dan kesesuaian dengan irama.
  6. Senam irama ialah perpaduan tari dengan olahraga. Ada gerakan senam irama yang dilakukan dengan dua hitungan, tiga hitungan, empat hitungan, dan sebagainya.
  7. Senam irama disusun secara sistematis dan memiliki unsur keluwesan (fleksibilitas), kesinambungan gerak (kontinuitas), dan ketepatan irama.
  8. Gerakan senam irama enak untuk dilakukan, menggembirakan, dan alunan musiknya akan menambah keharmonisan gerakan.

Bab 5 Renang Gaya Punggung

  1. Dalam olah raga renang terdapat empat gaya renang, yaitu gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu.
  2. Renang gaya punggung  adalah renang yang dilakukan dengan sikap tubuh telentang dan gerakan kedua kaki menyerupai sepakan ke atas.
  3. Untuk berenang gaya punggung diperlukan penguasaan teknik dasar. Misalnya, meluncur, menggerakkan lengan dan tungkai, pengambilan nafas serta serta kombinasi gerakan lengan, tungkai, dan mengambil napas.
  4. Untuk dapat melakukan renang gaya punggung, kalian harus menguasai teknik meluncur dahulu.
  5. Meluncur adalah teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap perenang.
  6. Gerakan meluncur merupakan gerakan menyusur (seperti gerakan peluru) di dalam air dengan kondisi tubuh stream line. Caranya  dengan melakukan tolakan dari dinding kolam atau dasar kolam tanpa ada gerakan dari anggota tubuh setelah melakukan tolakan saat meluncur.
  7. Gerakan meluncur mempunyai tujuan utama melatih keseimbangan tubuh di air.
  8. Gerakan tungkai gaya punggung hampir sama pada gerakan pada gaya bebas (crawl) dengan posisi badan terlentang.
  9. Gerakan lengan gaya punggung merupakan rangkaian gerakan lengan yang dilakukan secara bergantian (berkesinambungan) antara lengan kanan dan kiri dengan rangkaian mulai dari saat masuk ke dalam air.
  10. Koordinasi gerakan tungkai, lengan, dan napas renang gaya punggung merupakan gabungan dari ketiga teknik gerak dasar renang gaya punggung.

Bab 6 Kegiatan Penjelajahan

  1. Penjelajahan adalah kegiatan menelusuri suatu daerah.
  2. Mendaki gunung, kegiatan lintas alam (cross country), jurit malam, menelusuri gua, dan sungai termasuk kegiatan penjelajahan.
  3. Kegiatan tersebut dilakukan di gunung, pantai atau sungai. Kegiatan tersebut membutuhkan  persiapan yang   matang. Misalnya, persiapan mental, fisik, dan perlengkapan yang memadai.
  4. Kita dapat melakukan kegiatan penjelajahan di lingkungan rumah dan di sekolah.
  5. Kegiatan penjelajahan melatih kebugaran fisik,  kedisiplinan, kerja sama, dan cinta lingkungan.

Bab 7 Cara-Cara Menghadapi Berbagai Bencana

  1. Bencana gempa terjadi karena gerakan tenaga dalam bumi yang menyebabkan kulit bumi bergesekan satu sama lain.
  2. Gempa yang terjadi pada saat gunung meletus disebut gempa vulkanik.
  3. Gempa bumi di bawah  laut menimbulkan gelombang tsunami.
  4. Gelombang tsunami wilayah pantai.
  5. Perilaku manusia penyebab korban banjir adalah penggundulan hutan, pembuangan sampah di sungai, dan pembangunan perumahan di bantaran sungai.

Bab 8 Permainan dan Olahraga

  1. Bola basket dimainkan oleh dua regu beranggotakan  dari 5 orang pemain.
  2. 3 orang pemain sebagai penyerang (foreward) dan 2 orang pemain sebagai pertahanan (guard).
  3. Teknik dasar permainan bola basket terdiri atas  melempar dan menangkap (passing dan catching),  dribel (dribbling), menembak (shooting), dan  memoros (pivot).
  4. Gerakan pivot adalah gerakan dengan memutar badan dengan salah satu kaki menjadi poros putaran.
  5. Bulu tangkis berasal dari permainan Poona di  India.

Bab 9 Kebugaran Jasmani

  1. Kebugaran jasmani adalah keadaan atau kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas atau tugas-tugasnya sehari-hari dengan mudah tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya untuk keperluan-keperluan lainnya.
  2. Komponen atau faktor kebugaran jasmani dan komponen kesegaran motorik merupakan satu kesatuan utuh dari komponen kondisi fisik.
  3. Denyut nadi adalah frekuensi irama denyut/detak jantung yang dapat dipalpasi (diraba) di permukaan kulit pada tempattempat tertentu.
  4. Kemampuan   tubuh untuk mencapai 70-85 persen dari kapasitas denyut nadi maksimal (DNM) dinamakan DN intensitas latihan (training zone).
  5. Pengukuran  daya tahan jantung dan paru-paru  dilakukan menggunakan Harvard  Step Test.

Bab 10 Rangkaian Senam Lantai dengan Alat

  1. Senam lantai merupakan gerakan senam yang dilakukan di atas matras dengan ukuran 12×2 meter yang terdiri atas gerakan mengguling, keseimbangan, lentingan, dan gerakan memutar di udara.
  2. Latihan lenting tangan  dilakukan setelah mahir melakukan gerakan latihan lenting kepala.
  3. Gerak dalam senam lantai  dapat dikombinasikan menjadi satu rangkaian gerakan.
  4. Rangkaian gerakan senam adalah penggabungan dari beberapa gerakan senam yang dilakukan secara berurutan dalam satu periode gerakan.
  5. Pada gerak rangkaian, pesenam akan melakukan unsur gerakan mengguling, melenting, keseimbangan, memutar, melompat, dan meloncat sesuai kaidah gerakan senam lantai.

Bab 11 Renang Gaya Bebas

  1. Cabang olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat adalah renang. Renang banyak sekali manfaatnya bagi manusia.
  2. Selain menyehatkan badan, renang juga merupakan salah satu cabang olahraga yang sering dilombakan.
  3. Adapun nomor renang yang kerap dilombakan adalah gaya punggung, gaya katak, gaya dada, dan gaya bebas.
  4. Sebelum belajar teknik dasar diadakan latihan permulaan berupa pengenalan air.
  5. Untuk dapat melakukan renang gaya bebas, kalian harus menguasai teknik meluncur dahulu.
  6. Meluncur adalah teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap perenang.
  7. Kemampuan menggerakkan tungkai dengan cepat akan meningkatkan prestasi seorang perenang.
  8. Koordinasi gerakan renang gaya bebas adalah perpaduan antara gerakan tungkai, gerakan lengan, dan pernafasan.

Bab 12 Senam Irama

  1. Gerak Ritmik sederhana dapat dilakukan dalam senam irama.
  2. Senam Irama merupakan perpaduan seni dan olahraga.
  3. Disiplin diperlukan dalam latihan senam irama.
  4. Senam Irama dilakukan tanpa alat.
  5. Senam Irama bisa dilakukan secara perseorangan dan beregu.

Kami harap dengan disusunnya rangkuman materi pelajaran PJOK kelas 9 SMP seperti diatas dapat memudahkan kita mempelajari materi PJOK pada kelas 9 SMP.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi