Rangkuman Materi Pelajaran Sejarah Kelas 11 SMA

Tuesday, September 13th, 2016 - Kelas 11 SMA, Sejarah

Rangkuman materi pelajaran Sejarah kelas 11 SMA berikut disusun berdasarkan buku paket mata pelajaran Sejarah untuk kelas 11 SMA yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran Sejarah kelas 11 SMA secara lengkap.Rangkuman Materi Pelajaran Sejarah Kelas 11 SMA

Rangkuman Materi Pelajaran Sejarah Kelas 11 SMA

Bab 1 Pengaruh Perkembangan Hindu-Buddha pada Masyarakat Indonesia

  1. Agama Hindu berbeda dengan hinduisme. Agama Hindu adalah agama yang menyembah banyak dewa (dewa tertinggi adalah Trimurti), sedangkan hinduisme adalah semua hasil budaya dari India yang meliputi agama Hindu, agama Buddha, sistem kasta, seni, dan organisasi kemasyarakatan.
  2. Agama Hindu menganut adanya pembagian kasta (brahmana, ksatria, waisya, dan sudra).
  3. Agama Buddha adalah agama yang menyembah Siddharta sebagai dewa.
  4. Teori-teori yang menerangkan masuknya hinduisme ke Indonesia ada empat, yaitu teoribrahmana, teori ksatria, teori waisya, dan teori sudra.
  5. Kebudayaan India yang memengaruhi kebudayaan Indonesia sedikitnya terdiri atas enam unsur, yaitu bahasa Sanskerta, arsitektur bangunan, organisasi sistem kasta, ilmu pengetahuan, agama (Hindu dan Buddha), dan kesenian.

Bab 2 Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia

  1. Kerajaan Kutai berdiri pada abad ke-5. Raja-raja yang pernah berkuasa adalah Kudungga, Asmawarman, dan Mulawarman.
  2. Kerajaan Tarumanegara berdiri pada abad ke-5 di Jawa Barat. Sumber sejarah berupa prasasti Ciaruteun, Jambu, Pasar Awi, Kebon Kopi, Muara Cianten, Tugu, dan Cidangiang.
  3. Kerajaan Sriwijaya berdiri pada abad ke-7 di Palembang. Raja yang terbesar adalah Balaputradewa yang berhasil membawa Sriwijaya mencapai kebesarannya, bahkan Sriwijaya mendapat julukan Kerajaan Nasional Pertama di Indonesia.
  4. Kerajaan Mataram didirikan oleh Raja Sanjaya pada abad ke-8. Ada dua dinasti yang berkuasa saat itu, yaitu dinasti Sanjaya dan dinasti Syailendra.
  5. Kerajaan Mataram pindah ke Jawa Timur dan berganti nama menjadi Kerajaan Medang Mataram. Raja-rajanya adalah Mpu Sindok, Dharmawangsa, dan Airlangga. Kerajaan ini pada tahun 1042 pecah menjadi dua, yaitu Kediri dan Jenggala.
  6. Kerajaan Kediri mencapai kejayaan pada masa Jayabaya. Raja-raja yang pernah berkuasa di Kediri adalah Bameswara, Jayabaya, Sarweswara, Kameswara, dan Kertajaya.
  7. Kerajaan Singasari didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222 setelah mengalahkan Kertajaya (Kediri). Singasari mengalami kejayaan pada masa Kertanegara dan runtuh pada tahun 1292 setelah dikalahkan oleh Jayakatwang (Kediri).
  8. Kerajaan Majapahit berdiri tahun 1293 oleh Raden Wijaya. Raja-rajanya adalah Raden Wijaya, Jayanegara, Tribhuwanatunggadewi, Hayam Wuruk, Wikramawardhana, Suhita, dan Brawijaya. Kejayaan Majapahit terjadi pada masa Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada.

Bab 3 Proses Perkembangan Islam di Indonesia

  1. Agama Islam berasal dari Arab yang kemudian masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari Arab, Gujarat, dan Persia.
  2. Proses penyebaran Islam di Indonesia melalui perdagangan, perkawinan, pendidikan, dakwah, kesenian, dan ajaran tasawuf.
  3. Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia adalah Kerajaan Samudra Pasai, Kerajaan Aceh, Kerajaan Demak, Kerajaan Pajang, Kerajaan Mataram, Kerajaan Banten, Kerajaan GowaTallo, Kerajaan Ternate dan Tidore.
    1. Kerajaan Samudra Pasai berdiri sejak tahun 1128 oleh Nasimuddin al-Kamil dari Mesir. Raja-raja yang pernah berkuasa di Samudra Pasai adalah Sultan Malik al-Saleh, Sultan Muhammad, dan Sultan Ahmad.
    2. Kerajaan Aceh didirikan oleh Sultan Ali Mughayat Syah. Aceh mencapai kejayaan pada masa Sultan Iskandar Muda.
    3. Kerajaan Demak didirikan oleh Raden Patah tahun 1500 dan mencapai kejayaan pada masa Sultan Trenggono. Kerajaan Demak menjadi pusat pengislaman di Jawa oleh wali sanga.
    4. Kerajaan Pajang didirikan oleh Jaka Tingkir (Hadiwijaya).
    5. Kerajaan Mataram didirikan oleh Sutawijaya setelah berhasil menaklukkan Pajang. Kerajaan Mataram mencapai puncak kejayaan pada masa Sultan Agung Hanyakrakusuma.
    6. Kerajaan Banten didirikan oleh Fatahillah pada tahun 1527 dan mencapai puncak kejayaan pada masa Sultan Ageng Tirtayasa.
    7. Kerajaan Gowa-Tallo terkenal dengan sebutan Kerajaan Makassar. Sultan yang terbesar adalah Hasanuddin dengan julukannya “Ayam Jantan dari Timur”.
    8. Kerajaan Ternate dan Tidore berdiri pada abad ke-15 dan menjadi rebutan antara Portugis, Spanyol, dan Belanda. Uli Lima adalah persekutuan dagang pimpinan Ternate dan Uli Siwa dipimpin Tidore.
  4. Berkembangnya agama Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia menimbulkan berbagai bentuk akulturasi, yaitu seni bangunan, seni rupa, seni tari, seni sastra, sistem pemerintahan, kalender, dan filsafat.

Bab 4 Perkembangan Masyarakat Indonesia pada Masa Kolonial

  1. Kedatangan bangsa Barat ke Indonesia bertujuan untuk mencari rempah-rempah.
  2. Pada tahun 1602, Belanda datang ke Indonesia dan membentuk VOC dengan tujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya dan menyaingi perdagangan Inggris-Prancis. VOC berkuasa di Indonesia hingga 31 Desember 1799.
  3. Sejak 1 Januari 1800, Indonesia diperintah oleh Belanda di bawah Herman Daendels. Namun kekuasaan Deandels di Indonesia tidak bertahan lama karena kekejamannya.
  4. Tahun 1811, Indonesia jatuh ke tangan Inggris di bawah Thomas Raffles.
  5. Pada tahun 1816, Indonesia kembali dikuasai oleh Belanda. Kali ini, Belanda menerapkan sistem Tanam Paksa dan Kolonial Liberal.

Bab 5 Pergerakan Kebangsaan Indoneia

  1. Lahirnya pergerakan nasional Asia, khususnya Indonesia, tidak lepas dari pengaruh liberalisme, sosialisme, demokrasi, dan Pan-Islamisme.
  2. Kesadaran nasional di kawasan Asia muncul sekitar abad ke-20, misalnya, gerakan nasional India yang dipimpin oleh Mahatma Gandhi, gerakan nasional Cina yang dipimpin oleh Sun Yat Sen, dan gerakan nasional Turki oleh Kemal Pasha.
  3. Pergerakan nasional Indonesia ditandai oleh berdirinya Budi Utomo pada tahun 1908 yang kemudian disusul oleh organisasi lainnya, misalnya, Sarekat Islam (1912), Indische Partij (1912), Muhammadiyah (1912), Trikoro Dharmo (1915), Pemuda Indonesia (1927), Indonesia Muda (1930), PKI (1914), Taman Siswa (1922), PNI (1927), dan Perhimpunan Indonesia (1922).

Bab 6 Pendudukan Jepang

  1. Sejak tahun 1942, Indonesia jatuh ke tangan Jepang.
  2. Kedatangan Jepang disambut baik oleh rakyat Indonesia, karena Jepang mengaku saudara tua, kedatangannya bertujuan membebaskan Indonesia dari tangan Belanda, kedatangannya untuk kemakmuran bersama Asia Timur Raya.
  3. Organisasi pergerakan zaman Jepang adalah Gerakan Tiga A, Putera, Jawa Hokokai, Cuo Sangi In, dan  MIAI.
  4. Akhirnya, rakyat Indonesia menyadari bahwa kedatangan Jepang ke Indonesia demi kepentingan Jepang. Oleh karena itu, rakyat mulai angkat senjata melawan Jepang.

Bab 7 Pengaruh Revolusi Dunia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia

  1. Revolusi Prancis yang berlangsung pada masa Louis XVI berawal dari penyerangan penjara Bastille (14 Juli 1989). Semboyan Revolusi Prancis adalah Liberte, Egalite, dan Fraternite.
  2. Revolusi Amerika diawali dengan adanya Perang Tujuh Tahun (1756 – 1763), kemudian berlanjut dengan Perang Kemerdekaan Amerika (1774 – 1783), dan Perang Amerika – Inggris (1812 – 1814). Akhirnya pada tahun 1823, Presiden Amerika Serikat James Monroe mengumumkan Doktrin Monroe, yang isinya pernyataan “America for the America”. Artinya, Amerika menentang segala bentuk penjajahan di Benua Amerika.
  3. Revolusi Rusia terjadi pada tahun 1917 yang disebabkan oleh kepemimpinan Tsar Nicholas II yang reaksioner. Pada bulan Oktober 1917, terjadi Revolusi Komunis di bawah Lenin yang berakibat dihapuskannya pemerintahan Tsar, timbulnya demokrasi Uni Soviet antiliberal, adanya modernisasi Rusia, dan meluasnya komunisme ke seluruh dunia.
  4. Revolusi Industri pertama kali terjadi di Inggris pada abad ke-18. Revolusi ini didahului dengan adanya Revolusi Agraria I, kemudian disusul adanya Revolusi Agraria II. Kedua revolusi agraria ini mendorong lahirnya mesin-mesin terutama yang berhubungan dengan tekstil. Akibat Revolusi Industri adalah lahirnya pengusaha, upah buruh rendah, timbul masalah sosial, dan berkembangnya imperialisme.

Kami harap dengan dibuatnya rangkuman materi pelajaran Sejarah kelas 11 SMA secara lengkap tersebut dapat memudahkan kita mempelajari Sejarah di kelas 11 SMA.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi