Rangkuman Materi Pelajaran Seni Tari Kelas 12 SMA

Thursday, September 22nd, 2016 - Kelas 12 SMA, SBK

Rangkuman materi pelajaran Seni Tari kelas 12 SMA berikut disusun berdasarkan buku paket pelajaran Seni tari untuk kelas 12 SMA yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran Seni Tari kelas 12 SMA secara lengkap.Rangkuman Materi Pelajaran Seni Tari Kelas 12 SMA

Rangkuman Materi Pelajaran Seni Tari Kelas 12 SMA

Bab 8 Tari Tunggal dan Kelompok Nonetnik

  1. Repertoar merupakan pola gerak hasil eksplorasi menjadi dasar koreografi tari nonetnik.
  2. Makna atau pesan dari tari nonetnik sebagai ungkapan ekspresi pribadi dan bukan atas nama kebutuhan golongan atau masyarakat.
  3. Menunjukkan kebebasan kreasi bebas mewujudkan bentuk gerak secara koreografi, tidak harus menunjukkan kejelasan karakter, tidak menunjukan kejelasan genre.
  4. Tidak menunjukkan identitas kultural daerah.
  5. Akan lebih kuat jika bentuk sajian memainkan pola garis lantai simetris dan asimetris.
  6. Bentuk gerak pada posisi level penari, seperti rendah,  sedang, tinggi, tidak dibatasi aturan baku  bentuk atau sikap kaki dengan level seperti pada tari tradisi.
  7. Salah satu pola gerak yang dapat menciptakan sebuah dinamika pada tari nonetnik adalah pola gerak, seperti serempak, ber turutan, berselang­seling, dan berimbang.
  8. Unsur gerak yang menciptakan dinamika tari, seperti tempo gerakan, terdiri atas tempo lambat, sedang, dan cepat.
  9. Permainan penggunaan tenaga pada sebuah pola gerak disebut intensitas penggunaan tenaga. Intensitas yang sama kuat, sedang dan lemah, atau dengan aksen atau tekanan tertentu.
  10. Iringan yang digunakan untuk mengiringi tari ada yang dibuat kontras atau harmoni dengan gerakan.

Bab 9 Tari Mancanegara Non-Asia

  1. Ciri khas identitas jenis tari setiap bangsa dilatarbelakangi kultur yang terikat norma dan paham yang dianut masyarakat.
  2. Pada beberapa hal dilihat dari sudut pandang disiplin ilmu, sebuah seni pertunjukan memiliki kesamaan ilmu, sebagai ilmu yang universal.
  3. Gaya dan sumber gagasan tari Bangsa barat mengusung kebebasan berekspresi secara emosional maupun kontekstual.
  4. Keunikan tari di setiap negara berbeda, seperti keunikan dalam bentuk sajian parade, pawai, atau karnaval, digunakannya teknologi pada berbagai tarian kreasi/modern.

Bab 10 Berekspresi melalui Karya Seni Tari

  1. Unsur estetis tari kelompok dan tari berpasangan dapat disusun dengan sebuah dinamika kelompok dengan mengolah pola gerak serempak, bersusun, berselang seling, berlawanan dan mengolah desain lantai simetris, asimetris
  2. Tari Rantak dapat ditarikan secara tunggal dan kelompok.
  3. Tari Margapati dan Tari Bondan merupakan contoh tari tunggal Nusantara.
  4. Tari kelompok di Nusantara ini beragam, diantaranya adalah Tari Hudoq, tari Hadrah, dan Tari Lilin Syiwa.
  5. Travesti adalah penari laki-laki yang memerankan wanita atau sebaliknya.

Semoga dengan dibuatnya rangkuman materi pelajaran Seni Tari kelas 12 SMA seperti diatas dapat memudahkan kita belajar Seni Tari di kelas 12 SMA.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi