Rangkuman Materi Pelajaran Seni Teater Kelas 8 SMP

Tuesday, September 6th, 2016 - Kelas 8 SMP, SBK

Rangkuman materi pelajaran Seni Teater kelas 8 SMP pada halaman ini disusun berdasarkan buku paket untuk pelajaran Seni Teater pada kelas 8 SMP yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran Seni Teater kelas 8 SMP secara lengkap.Rangkuman Materi Pelajaran Seni Teater Kelas 8 SMP

Rangkuman Materi Pelajaran Seni Teater Kelas 8 SMP

Bab  1 Seni Teater Nusantara

Berdasarkan tempat kemunculannya, bentuk-bentuk teater Nusantara muncul dari lingkungan kehidupan desa, dari dalam lingkungan keraton, di kota-kota, serta teater Barat dan diberi predikat teater modern.

Perkembangan teater di Indonesia terbagi atas teater tradisional, teater klasik, teater transisi, dan teater modern.

Teater Nusantara muncul dari beragam suku, budaya, kepentingan, dan kebutuhan masyarakatnya sehingga masing-masing teater memiliki ciri khas dan unsur-unsurnya, meliputi: ide (naskah), sutradara, pemain, tata busana, tata rias, tata suara, tata panggung, dan tata cahaya.

Pesan teater Nusantara biasanya disampaikan melalui dialogdialog, humor, dan permainan. Teater modern Nusantara sering memuat pesan tentang kritik-kritik sosial.

Bab 2 Ekspresi Karya Seni Teater Nusantara

  1. Pemain merupakan ujung tombak pertunjukan karena melalui dialog dan lakuannya, misi dan visi pertunjukan diungkap dan disampaikan. Pemain perlu memerhatikan alat ekspresinya, menelaah peran, melatih gerak tubuh, melatih otot mulut, melatih otot lidah, melatih pikiran melalui meditasi dan konsentrasi, serta melatih pernapasan dan vokalnya.
  2. Hal penting sebelum mementaskan teater adalah membuat rancangan pertunjukan yang harus dipatuhi oleh seluruh personil yang terlibat.

Bab 3 Mengapresiasi Seni Teater Nusantara

  1. Jenis seni teater Nusantara berdasarkan bentuk penyajiannya adalah teater tutur, teater boneka, teater musikal, dan teatronik.
  2. Keunikan teater Nusantara terdapat dalam unsur-unsur pertunjukannya, gaya pertunjukan, dan kecenderungan kelompok untuk menyalurkan kreativitasnya. Hal ini misalnya terdapat pada pertunjukan Teater Garasi, Teater Tetas, dan Teater Satu Lampung.
  3. Pesan yang disampaikan dalam pertunjukan teater modern Nusantara masih berkutat pada masalah kemanusiaan, kritik sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang terjadi di Indonesia.

Bab 4 Mengekspresikan Diri Melalui Teater

Pemain teater dituntut untuk dapat memainkan peran sebagai orang lain dengan baik. Untuk itu diperlukan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara secara serius dan berkesinambungan.

Merancang pertunjukan teater Nusantara dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

  1. Menentukan tema pertunjukan.
  2. Menetapkan judul cerita atau lakon yang akan dipentaskan.
  3. Menentukan personil-personil yang terlibat.
  4. Mempersiapkan dan menentukan tempat pertunjukan.
  5. Menetapkan dan mempersiapkan properti.
  6. Menyusun rancangan kegiatan dan berusaha merealisasikannya.

Prinsip kerja sama dalam teater haruslah terjalin dengan baik antara tim produksi dan tim pertunjukan untuk mendukung keberhasilan suatu pertunjukan teater.

Persiapan dan pergelaran pertunjukan teater Nusantara memerlukan kerja sama, kerja keras, dan kekompakan antarpersonil yang terlibat.

Kami harap dengan disusunnya rangkuman materi pelajaran Seni Teater kelas 8 SMP seperti diatas dapat memudahkan kita mempelajari Seni Teater di kelas 8 SMP.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi