Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 10 SMA

Thursday, September 15th, 2016 - Kelas 10 SMA, TIK

Rangkuman materi pelajaran TIK kelas 10 SMA pada halaman ini disusun berdasarkan buku pedoman belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk kelas 10 SMA yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran TIK kelas 10 SMA secara lengkap.Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 10 SMA

Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 10 SMA

Bab 1 Operasi Dasar Komputer

  1. Sistem komputer terdiri dari pemakai (user atau brainware), perangkat keras (hardware), dan perangkat lunak (software).
  2. Dalam melakukan instalasi komputer diperlukan beberapa alat tambahan seperti pelindung kejutan yang berfungsi untuk melindungi komputer dari lonjakan listrik, regulator tegangan dipergunakan untuk menstabilkan  tegangan listrik, dan UPS (Uninteruptible Power Supply) yang berfungsi untuk mengganti sumber daya listrik ketika padam.
  3. Untuk menghidupkan dan mematikan komputer harus mengikuti aturan yang benar, proses yang salah akan mengakibatkan kerusakan hardware maupun software.
  4. Proses menyalakan komputer disebut booting. Booting dibedakan menjadi dua, yaitu booting dingin dan booting panas. Booting dingin dipergunakan untuk menyalakan komputer dari proses awal, sedangkan booting panas dilakukan pada saat komputer sudah menyala.
  5. Keberadaan software dalam komputer sangat penting yaitu untuk mengidentifikasi program, Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien, Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh komputer lebih terkontrol
  6. Software terdiri dari program aplikasi, program sistem operasi, bahasa pemrograman, program utility, dan program paket.
  7. Sistem operasi merupakan penghubung antara hardware dan software. Sistem operasi berfungsi mengendalikan kerja komputer, melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar.
  8. Suatu komputer dapat menjalankan perintah yang diinginkan oleh user apabila bahasa yang diterima komputer telah diubah menjadi bahasa mesin. Proses penerjemahan bahasa program ke dalam bahasa mesin dibutuhkan perangkat lunak bahasa pemrograman (language software).
  9. Untuk dapat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya sistem komputer dibutuhkan utility program yang terdiri dari program scandisk, disk cleanup, disk defragmenter, dan program anti virus.
  10. Dalam komputer terdapat beberapa program aplikasi yang digabung bersama menjadi  suatu paket yang disebut suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft  Office dan Open-Office.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya.

Bab 2 Fungsi dan Proses Kerja Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

  1. Teknologi informasi adalah rekayasa untuk penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya
  2. Dasar teknologi informasi adalah penggabungan antara komputer dan tele-komunikasi. Dengan komputer, data mentah dapat diubah menjadi sebuah informasi kemudian hasil pengolahan data akan ditransfer ke penerima dengan teknologi telekomunikasi.
  3. Proses pengolahan data maupun pengiriman informasi membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras. Perangkat lunak adalah program yang berisi instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema, atau bentuk lain. Perangkat keras merupakan perangkat yang secara fisik dapat dipegang. Perangkat ini terbagi menjadi tiga, yaitu perangkat masukan, perangkat pemroses, dan perangkat keluaran.
  4. Secara real proses dasar komunikasi terjadi dalam sebuah jaringan yaitu data-data yang akan ditransfer diinput kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin (menjadi sinyal digital) untuk selanjutnya dikirimkan kepada perangkat penerima.
  5. Prinsip dasar dalam jaringan adalah tersedianya dua komponen, yaitu node dan link. Node adalah titik yang dapat menerima input data ke dalam network misalnya komputer, alatalat cetak, dan lainnya. Link adalah jalur transmisinya. Jalur transmisi data berdasarkan rentang geografinya dibedakan menjadi 3, yaitu LAN, WAN, dan MAN.
  6. LAN adalah jaringan lokal yang mencakup area relatif kecil. MAN adalah jaringan yang lebih luas dari jaringan LAN, yaitu meliputi area yang memiliki jarak antara 10-45 km, sedangkan WAN adalah jaringan superbesar yang tidak tergantung jarak.
  7. Untuk menunjang transmisi data, jaringan memiliki media transmisi yang dibedakan menjadi dua, yaitu media berkabel (bounded media) dan media tidak berkabel (unbounded media).
  8. Jenis media berkabel terdiri dari kabel koaksial, kabel serat optik, kabel pasangan berpilin, sedangkan jenis media tidak berkabel adalah microwave, satelit, gelombang radio, dan inframerah.
  9. Peralatan penunjang transfer data dalam transmisi adalah modem yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Modem dibedakan menjadi dua yaitu modem internal atau modem yang terpasang dalam CPU dan modem eksternal yaitu modem yang dapat dipasang di luar CPU.
  10. Informasi-informasi hasil transmisi dalam telekomunikasi dapat diakses melalui perangkat-perangkat aplikasi seperti Word, PowerPoint, Excel, Winamp, CorelDRAW,  dan sebagainya.

Bab 3 Etika dan Moral dalam Teknologi Informasi  dan Komunikasi

  1. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.
  2. Moral adalah tradisi kepercayaan mengenai perilaku benar atau salah. Moral dapat dijadikan penuntun kepada tindakan yang tidak merugikan  orang lain, misalnya tidak menjiplak karya cipta baik secara langsung maupun tidak langsung.
  3. Penerapan etika dan moral dalam penggunaan TI adalah menghargai akan adanya hak cipta suatu program dengan tidak membajak program yang dilindungi.
  4. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah suatu aspek yang harus menjadi perhatian pertama setiap melakukan kegiatan, termasuk ketika bekerja dengan komputer.
  5. Untuk menjaga agar terhindar dari bahaya, kita perlu melakukan pemasangan komputer secara aman dan penggunaan komputer dengan posisi yang benar.
  6. Hak cipta secara internasional dilambangkan ©, yaitu hak eksklusif pencipta atau pemegang hak cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu, kemudian aturan tersebut tertuang dalam UU No. 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta.
  7. Merk dagang, yaitu hak yang diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan untuk mendapatkan perlindungan dagang. Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya. Lisensi adalah suatu izin untuk menggunakan/memproduksi suatu hasil karya atau teknologi seizin pemiliknya.
  8. Jika terbukti melanggar UUHC, maka akan dikenakan sanksi yaitu Pasal 72: “Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp500.000.000, 00 (lima ratus juta rupiah)”.

Bab 4 Sistem Operasi Komputer

  1. Sistem Operasi atau Operating System adalah suatu software sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi. Sistem operasi dibuat oleh pabrik komputer dengan memerhatikan bentuk dan cara kerja dari hardware yang dimiliki.
  2. Keberadaan sistem operasi menjadi penghubung antara software dan hardware sehingga akan menjamin aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar, memanajemen sumber daya (hardware), serta memanajemen data.
  3. Sistem operasi saat ini dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu (1) keluarga Microsoft Windows, (2) keluarga UNIX, dan (3) Mac OS/ Mancitosh.
  4. Setelah sistem operasi dijalankan, maka program BIOS (Basic Input Output System) akan berjalan. BIOS merupakan himpunan program yang bekerja erat dengan hardware untuk mendukung transfer informasi di antara unsur-unsur sistem komputer seperti disk, monitor, printer, dan sebagainya.
  5. Perbedaan yang nyata antara OS dan BIOS terletak pada kegunaannya, yakni pada OS mengatur, mengawasi, dan mengendalikan semua kegiatan sistem kerja komputer, sedangkan pada BIOS merupakan sarana penampung perintah internal command yang mengontrol hardware.
  6. Setting peripheral adalah suatu cara untuk mensetting atau mendesain peralatanperalatan tambahan, misalnya printer, monitor, dekstop, screen saver, dan setting regional.
  7. Resolusi menyatakan seberapa tajam dan jelas suatu gambar di monitor atau seberapa halus tampilan citra. Contoh citra resolusi rendah adalah garis yang halus tampak kasar dan saling tumpang tindih, serta kurva kelihatan bergerigi. Semakin tinggi resolusi semakin samar kekurangan ini. Resolusi berkait dengan dot pitch. Dot Pitch adalah jarak antara dua Pixel.
  8. Dalam komputer terdapat banyak file atau dokumen yang merupakan informasi penting. Adapun jenis file dibedakan menjadi dua, yaitu file data dan file program. File data adalah file yang berisikan informasi seperti tulisan, gambar, suara, dan lainnya yang dibuat sendiri, sedangkan file program adalah file yang berisi program, berupa program aplikasi atau program utility, dan banyak mengandung filefile halus (subfile) yang mungkin berisi driver, kamus, daftar referensi, dan lain sebagainya.
  9. Agar semua file pada komputer dapat bekerja secara maksimal dan mudah penanganannya, maka perlu ditata dengan rapi. Proses penataan file inilah yang disebut dengan manajemen file. Untuk membantu memanajemen file dan folder, Windows telah melengkapi programnya dengan suatu fasilitas yang disebut Windows Explorer.
  10. Windows Explorer merupakan suatu program aplikasi Windows yang digunakan untuk mengoperasikan dan mengatur suatu driver, folder, maupun file.

Bab 5 Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata

  1. Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata di bawah sis-tem operasi  Windows. Kegunaan dari Microsoft Word sangat luas, yaitu pembuatan dokumen yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti Clip Art, Drawing, Math Equation, Chart, dan sebagainya.
  2. Pengoperasian Ms. Word dapat dilakukan melalui menu-menu maupun ikon. Menu adalah kumpulan perintah-perintah, sedangkan ikon adalah simbol-simbol perintah yang diwujudkan dalam bentuk gambar.
  3. Menu dalam Microsoft Word 2007 dirangkum dalam sebuah tab yang terdiri dari tab menu Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.
  4. Kelebihan dari Microsoft Word 2007 adalah adanya ikon menu control yaitu  perintah utama  yang berguna untuk mengakses  perintah standart.
  5. Kecanggihan dari Microsoft Word dapat digunakan untuk membuat surat secara massal melalui mail merger.

Semoga dengan disusunnya rangkuman materi pelajaran TIK kelas 10 SMA secara lengkap diatas dapat memudahkan kita mempelajari materi TIK pada kelas 10 SMA.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi