Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 11 SMA

Monday, September 12th, 2016 - Kelas 11 SMA, TIK

Rangkuman materi pelajaran TIK kelas 11 SMA berikut disusun berdasarkan buku paket pelajaranTeknologi Informasi dan Komunikasi (TiK) yang diterbitkan oleh Kemeneterian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran TIK kelas 11 SMA secara lengkap.Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 11 SMA

Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 11 SMA

Bab I Mengenal Internet

  1. Internet (Interconnected Network) yang popular disebut cyberspace merupakan rangkaian komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian. Internet (huruf ā€˜Iā€™ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubungan secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).
  2. Fasilitas internet banyak digunakan oleh pengguna untuk memenuhi kepentingannya, misalnya World Wide Web (WWW) sebagai pusat database, e-mail sebagai sarana surat menyurat, mailing list untuk berdiskusi secara elektronik, newsgroup diskusi, chatting digunakan untuk komunikasi langsung dalam internet, FTP (File Transfer Protocol) sebagai pengambilan arsip secara elektronik, Telnet digunakan untuk melakukan login atau masuk ke dalam sistem secara jarak jauh, dan ghoper yang menyediakan banyak menu.
  3. Untuk dapat memasang internet diperlukan hardware atau perangkat keras seperti modem sebagai penerjemah sinyal dari sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya, telepon sebagai penerus sinyal dari modem, dan Network Interface Card (NIC) digunakan untuk penghubung antarkomputer Internet Service Provider (ISP) yaitu media penyambung atau penghubung sambungan internet.
  4. Dalam sebuah jaringan diperlukan pula ethernet (protokol) atau kartu jaringan yang berguna untuk menghubungkan antarjaringan, repeater yang digunakan untuk memperkuat sinyal, Bridge digunakan untuk membagi jaringan, router digunakan untuk melewatkan antarsegmen yang memiliki alamat network yang berbeda, HUB digunakan untuk menghubungkan beberapa node dalam suatu jaringan, dan gateway digunakan untuk menghubungkan jaringan yang memiliki arsitektur dan lingkungan yang berbeda.
  5. Personal komputer yang dapat digunakan untuk akses internet adalah komputer dengan spesifikasi minimum, yaitu PC minimal 386 (486 DX-4 recomended), monitor super VGA, RAM 4 MB (8 MB recomended, tergantung program aplikasi), memiliki communication port (RS-232), modem dengan kecepatan 14.400 BPS atau lebih, mouse, multimedia (tergantung aplikasi pelayanan internet), mampu menjalankan sistem Windows, berlangganan dengan ISP (Internet Service Provider) atau online service, software/program aplikasi (tergantung fasilitas internet yang akan digunakan), misalnya Eudora Light, Netscape, Internet Explorer, Internet Phone, Net 2 Phone, Net Meeting.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi