!-- Mobicow.com Ad Code Start : Do Not Modify -->

Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 12 SMA

Thursday, September 22nd, 2016 - Kelas 12 SMA, TIK

Rangkuman materi pelajaran TIK kelas 12 SMA berikut disusun berdasarkan buku paket pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada kelas 12 SMA yang diterbitkan oleh Kmeneterian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran TIK kelas 12 SMA secara lengkap.Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 12 SMA

Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 12 SMA

BAB I Menggunakan Perangkat Lunak Pembuat Grafis

  1. Desain grafis merupakan bahasa visual yang terdiri dari image, tipografi dan warna. Desain grafis dibedakan menjadi desain grafis printing, web desain, film, identifikasi dan Environmental Graphic Design, serta desain produk. Salah satu software aplikasi grafis adalah CorelDRAW.
  2. Dasar dalam desain grafis adalah pengenalan tipe gambar. Tipe gambar grafis dibedakan menjadi dua, yaitu tipe image vektor dan tipe image bitmaps. Perbedaan di antara keduanya terletak pada resolusinya. Gambar vektor akan tetap utuh kualitas gambarnya walaupun diperbesar, sedangkan pada gambar bitmap akan menga-lami kehilangan detailnya apabila gambar diperbesar.
  3. CorelDRAW memiliki keunggulan dalam pewarnaan. Macam warna yang disuguhkan adalah CMY (Cyan, Magentha, Yellow), CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, dan Black) RGB (Red, Green, Blue), HSB (Hue, Lightness, Saturation), Luminance, YIQ, dan Grayscale.
  4. Keunggulan CorelDRAW yang lain adalah penggunaan teks. Macam teks ada dua, yaitu teks artistik dan teks paragraf. Teks artistik adalah jenis teks yang digunakan dalam jumlah baris yang pendek, sedangkan teks paragraf digunakan untuk penambahan teks pada sebuah desain dalam jumlah yang cukup banyak.
  5. Kegunaan profesionalisme dalam CorelDRAW adalah pembuatan kreasi desain grafis seperti pembuatan undangan, leaflet, brosur, spanduk, desain buku, dan fotografi.
  6. Dalam kreasi grafis banyak diperlukan penggunaan efek-efek gambar seperti efek wet pain (efek seperti cat basah), efek partikel, efek frame, efek page curl, dan lain-lain.

BAB II Menggunakan Photoshop untuk Membuat Kreasi Grafis

  1. Photoshop adalah perangkat lunak pengolah gambar, foto, dan teks. Dokumen kerja dalam Photoshop dinamakan canvas. Prinsip kualitas desain dalam Photoshop adalah resolusi gambar semakin tinggi, maka semakin tajam dan berkualitas suatu gambar. Satuan resolusi adalah ppi (pixels per inchi). Piksel adalah titik tengah suatu gambar.
  2. Cara mengaktifkan program Adobe Photoshop adalah klik Start > pilih All program > pilih Adobe Photoshop. Photoshop memberikan layanan pewarnaan yang akurat sehingga dapat menghasilkan tam-pilan grafis yang artistik dan indah. Pewarnaan dalam Photoshop memberikan pilihan warna, antara lain RGB (Red, Green, dan Blue), CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, dan Black), Grayscale (memberikan warna gelap dan terang), Lab Color.
  3. Bagian terpenting dalam Photoshop adalah layer. Karakteristik layer adalah berupa lembaran transparan yang tertumpuk dengan layer yang lain. Layer ini berfungsi untuk  meletakkan objek. Untuk mendukung pewarnaan grafis, Photoshop memberikan layanan berupa layer channel. Kelebihan dari Photoshop adalah memiliki layer history yang dapat digunakan untuk mencatat apa yang telah dilakukan dalam pengolahan objek.

BAB III Perangkat Lunak Pembuat Presentasi

  1. PowerPoint merupakan software aplikasi yang digunakan untuk membuat bahan serta tampilan di layar secara silih berganti dan atraktif. Dalam PowerPoint dapat disisipkan file audio, video, gambar, grafik, tabel, maupun teks indah sehingga presentasi akan semakin hidup.
  2. Langkah-langkah untuk membuka program aplikasi Microsoft PowerPoint 2007 ada tiga macam, yaitu melalui menu Start, melalui ikon shortcut, dan melalui dokumen yang telah tersimpan.
  3. Lembar kerja PowerPoint dinamakan slide yang pengoperasiannya dapat dilakukan melalui menu maupun ikon. Tab menu dalam PowerPoint 2007 seluruhnya berjumlah tujuh, yaitu Home, Insert, Design, Animations, Slide Show, Review, dan View yang masing-masing melayani fasilitas perintah-perintah dalam pembuatan slide. Ikon pada program aplikasi Microsoft PowerPoint 2007 terdapat pada quick access toolbar.
  4. Untuk memudahkan penggunaannya PowerPoint 2007 disertai pula jendela task pane, yaitu jendela pembuka yang berisi perintah-perintah yang melengkapi menu pada ribbon tab menu.
  5. Microsoft PowerPoint 2007 menyediakan fasilitas hyperlink yang berfungsi untuk menghubungkan slide yang satu dengan yang lainnya atau antara dokumen PowerPoint 2007 dengan dokumen aplikasi lain sehingga akan memperjelas presentasi.
  6. Handout merupakan cetakan slide sebagai hard copy (cetakan dalam kertas) sehingga memberikan kemudahan dan memperlengkap presentasi.
  7. Langkah-langkah menghindari  dosa besar penggunaan Microsoft PowerPoint adalah sebagai berikut.
    1. Menyampaikan poin-poin tanpa cerita.
    2. Mencetak slide presentasi sebagai handout.
    3. Hindarilah presentasi yang membosankan.
    4. Menyisipkan objek audio dan video pada presentasi.
    5. Hindarilah hal-hal yang dapat mengaburkan informasi penting.
    6. Hindarilah cara menerangkan yang menyulitkan pembacaan.
    7. Mengukur lama presentasi berdasarkan jumlah slide.
    8. Hindarilah presentasi yang berlindung di balik komputer.

Kami harap dengan disususnnya rangkuman materi pelajaran TIK kelas 12 SMA seperti diatas dapat memudahkan kita mempelajari materi TIK di kelas 12 SMA.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi