Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 7 SMP

Tuesday, August 23rd, 2016 - Kelas 7 SMP, TIK

Rangkuman materi pelajaran TIK kelas 7 SMP berikut ditulis berdasarkan buku pedoman belajar mata pelajaran Teknolgi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk kelas 7 SMP yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 7 SMPBerikut rangkuman materi pelajaran TIK kelas 7 SMP secara lengkap.

Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 7 SMP

BAB 1 Berbagai Jenis Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Menurut waktu pemakaiannya, peralatan teknologi informasi dan komunikasi dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Peralatan komunikasi zaman dahulu
    Beberapa contoh peralatan teknologi komunikasi zaman dahulu:

    1. Papyrus adalah kertas yang terbuat dari daun tumbuhan papyrus yang digunakan untuk menulis.
    2. Bereguh adalah alat komunikasi yang terbuat dari tanduk kerbau. Cara penggunaannya dengan ditiup.
    3. Kulkul adalah alat komunikasi berbentuk seperti kentongan yang terbuat dari kayu berongga.  Cara penggunaannya dengan dipukul.
  2. Peralatan teknologi informasi dan komunikasi zaman modern
    Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan istilah teknologi informasi dan komunikasi sulit dipisahkan. Meskipun begitu, pada mulanya peralatan teknologi informasi dan komunikasi dipisah menjadi dua, yaitu:

    1.  Teknologi Informasi
      Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
      Contoh : komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.
    2. Teknologi Komunikasi
      Teknologi Komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan  komunikasi jarak jauh.
      Contoh :

      1. Surat kabar  yaitu alat komunikasi satu arah. Kita hanya dapat membaca saja.
      2. Radio yaitu alat komunikasi satu arah. Kita hanya dapat mendengarkannya saja.
      3. Telepon  yaitu alat komunikasi dua arah.  Kita dapat bergantian berkomunikasi, saling tanya jawab.
      4. Televisi yaitu alat komunikasi satu arah. Kita hanya dapat mendengarkan dan melihat saja.

Teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komput er) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. Contoh: radio, telepon, televisi, dan internet.  Internet adalah suatu jaringan komputer yang sangat luas yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia.

BAB 2 Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

  1. Sejarah TIK meliputi sejarah perkembangan komunikasi dan perkembangan komputer.
  2. Perkembangan komunikasi meliputi sejarah komunikasi zaman prasejarah, sejarah telegraf, telepon, radio, dan televisi.
  3. Sejarah perkembangan komputer dimulai dengan ditemukannya abakus.
  4. Perkembangan kalkulator
    • 5000 tahun yang lalu ditemukan abakus.
    • Tahun 1642 ditemukan kalkulator roda numerik oleh Blaise Pascal.
      Kalkulator ini mampu melakukan penjumlahan sampai 8 digit.
    • Tahun 1694 ditemukan kalkulator oleh Gottfred Wilhem von Leibniz.
      Kalkulator ini mampu melakukan penjumlahan dan perkalian.
    • Tahun 1820 ditemukan kalkulator mekanik.
      Kalkulator ini sering disebut Arithometer.
  5. Perkembangan komputer
    • Tahun 1822, Charles Babbage menemukan mesin yang mampu melakukan perhitungan persamaan diferensial.
    • Tahun 1889, Herman Hollerits menemukan mesin yang mampu mempercepat perhitungan sensus penduduk di Amerika.
    • Tahun 1931,   Vaannevar  Bush  menemukan kalkulator yang dapat menyelesaikan persamaan diferensial.
    • Tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry menemukan komputer dengan sistem aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Sistem ini mengacu pada sistem biner aljabar.
  6. Generasi komputer
    • Komputer generasi pertama
      Komputer generasi pertama diciptakan untuk  membantu Perang Dunia II. Komputer generasi ini biasanya sulit untuk diprogram dan kecepatannya terbatas. Hal ini dikarenakan komputer dibuat hanya untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu. Sehingga kode binernya pun berbeda-beda.
    • Komputer generasi kedua
      Komputer generasi kedua umumnya mempunyai ukuran lebih kecil. Hal ini dikarenakan tube vacuum yang biasa digunakan dalam komputer generasi pertama digantikan dengan transistor. Pada masa ini bahasa pemrograman mulai bermunculan.
    • Komputer generasi ketiga
      Pada komputer generasi ketiga ini, transistor yang biasa digunakan pada komputer generasi kedua diganti dengan sebuah chip. Chip ini mampu memasukkan banyak program. Selain itu memungkinkan komputer menjalankan berbagai program berbeda secara serentak.
    • Komputer generasi keempat
      Tujuan pembuatan komputer generasi keempat untuk mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektroniknya. Mulai generasi ini pula mulai muncul PC dan laptop. Selain itu juga bermunculan seri-seri IBM.
    • Komputer generasi kelima
      Komputer generasi lima merupakan komputer yang masih dalam tahap pengembangan. Para ilmuwan berlomba-lomba membuat komputer yang dapat mennerjemahkan bahasa manusia.

BAB 3 Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan

  1. Teknologi informasi dan komunikasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Peranan tersebut pada dasarnya untuk mengatasi kesulitan-kesulitan dalam menjalani aktifitasmu sehari-hari.
  2. Berbagai keuntungan yang kamu peroleh dari teknologi informasi dan komunikasi yaitu:
    1. mudahnya berkomunikasi secara cepat,
    2. pembelian dan pembayaran secara  online,
    3. mudah mendapatkan dan menyebarkan semua sumber informasi,  dan lain-lain.

BAB 4 Dampak Negatif dari Penggunaan  Teknologi Informasi dan Komunikasi

  1. Dampak negatif dari penggunaan alat TIK yaitu:
    1. muncul kejahatan di dunia maya (cybercrime), misalnya akses tanpa izin, illegal rangkuman contents, spionase dunia maya,  sabotase,  phising, carding, dan penipuan menggunakan telepon seluler.
    2. muncul pelanggaran hak cipta, misalnya pembajakan buku, pembajakan VCD, dan pembajakan CD software.
    3. muncul kekejaman dan kekerasan.
    4. masuk budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya sendiri.
    5. muncul perjudian online dan pornografi.
  2. Dampak negatif dari penggunaan alat TIK dapat ditanggulangi dengan aturan-aturan berikut.
    1. The Ten Commandments of  Computer  Ethics  (sepuluh kode  etik penggunaan komputer).
    2. Undang-Undang Hak Cipta (UUHC) yaitu Undang-Undang nomor 19 tahun 2002.
    3. Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UUITE), yaitu berupa Undang-Undang nomor 11 tahun 2008.

BAB 5 Mengoperasikan Komputer dengan Prosedur yang Benar

  1. Posisi perangkat komputer yang benar.
    1. Posisi monitor
      • Letakkan di tempat yang  tidak memantulkan cahaya dari sumber cahaya lain.
      • Jarak pandang mata dengan monitor 50-60 cm.
      • Posisi monitor lebih rendah dari mata (kurang lebih bagian tengah monitor 10 cm-23 cm di bawah mata).
      • Atur cahaya komputer sesuai dengan kebutuhan.
      • Bersihkan monitor dengan teratur.
      • Seringlah berkedip untuk menjaga mata agar tidak kering.
    2. Posisi keyboard
      • Pergelangan tangan sejajar dengan telapak tangan.
      • Posisi siku menggantung.
      • Lemaskan jari telunjuk dan jari manismu.
      • Tekan tombol dengan tenang.
      • Lemaskan seluruh tangan bila sedang tidak memencet tombol keyboard.
    3. Posisi mouse
      Letakkan di permukaan yang sama dengan keyboard sehingga mudah diraih dan nyaman digunakan.
    4. Posisi CPU
      Letakkan berjauhan dari monitor, keyboard, dan mouse.
    5. Posisi meja dan kursi
      Meja yang baik adalah meja yang dilengkapi tempat untuk keyboard, mouse, dan sandaran kaki. Tinggi meja disesuaikan dengan ukuran kursi dan tinggi badan pengguna. Kursi yang baik adalah kursi yang mempunyai sandaran punggung, mengikuti lekuk punggung, dan tingginya dapat diatur.
    6. Posisi kepala
      Kepala dan leher tegak, pandangan langsung menghadap monitor.
    7. Posisi punggung
      Punggung tegak, tidak miring ke kiri atau ke kanan.
    8. Posisi pundak
      Pundak tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah.
    9. Posisi lengan dan siku
      Aturlah sedemikian rupa sehingga posisi lengan nyaman saat menggunakan mouse.
    10. Posisi kaki
      Seluruh telapak kaki menyentuh lantai dan sudut kaki membentuk sudut tidak kurang dari 90°
  2. Cara menghidupkan komputer yang benar.
    • Hidupkan stabilizer.
    • Aktifkan CPU dengan menekan tombol power.
    • Aktifkan monitor dengan menekan tombol power pada monitor.
    • Tunggu komputer melakukan proses booting beberapa saat.
    • Masukkan username dan password komputer.
    • Tunggu beberapa saat. Jika desktop windows sudah ditampilkan, kamu siap  menggunakannya.
  3. Cara mematikan komputer yang benar.
    • Simpan dokumen dan tutup semua aplikasi yang sudah dijalankan.
    • Klik menu start hingga tampak tampilan menu start.
    • Klik Turn Off Computer.
    • Klik tombol Turn Off.

BAB 6 Operasi Dasar pada Sistem Operasi

  1. Sistem operasi adalah perangkat lunak (software) yang mengatur semua sumber daya dalam komputer.
  2. Fungsi sistem operasi yaitu:
    1. sebagai penghubung antara pengguna dan program aplikasi.
    2. sebagai tempat meletakkan program aplikasi.
    3. mengatur sistem kerja dalam komputer.
  3. Jenis sistem operasi misalnya: Microsoft DOS, Microsoft Windows, Linux, Unix, dan Mac OS.
  4. Wilayah kerja sistem operasi Windows XP memuat bagian-bagian, yaitu:
    1. ikon
    2. start menu
    3. quick launch
    4. taskbar
    5. wallpaper
  5. Saat menggunakan mouse, kamu dapat melakukan hal-hal berikut.
    1. Klik kiri
    2. Klik ganda
    3. Klik kanan
  6. Keyboard dapat kamu gunakan untuk memasukkan teks dan memberikan perintah pada komputer.
  7. Dari tampilan desktop, kamu dapat melakukan hal-hal berikut.
    1. Mengubah gambar latar belakang (wallpaper).
    2. Mengubah nama pengguna komputer (user accounts).
    3. Mengubah password.

BAB 7 Perangkat Keras Komputer

Hardware dapat digolongkan menjadi 2.

  1. Komponen pokok, komponen yang harus ada di sebuah komputer, yakni: CPU, Motherboad, Memory, dan Harddisk.
  2. Komponen tambahan/peripheral, komponen pendukung untuk menambah fungsi komputer,  yakni perangkat keras komputer selain perangkat keras yang termasuk komponen pokok.

Berdasarkan fungsinya, hardware dapat dikelompokkan menjadi lima jenis.

  1. Perangkat masukan (Input device), untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, joystick, scanner, dan sebagainya.
  2. Perangkat penyimpan data, untuk menyimpan data hasil dari input, misalnya disket, flashdisk, dan sebagainya.
  3. Perangkat pengolah data (Processor), untuk mengolah data. Pengolah data meliputi CPU (Central Processing Unit) dan juga microprocessor.
  4. Perangkat keluaran (Output device), untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh microprocessor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
  5. Perangkat jaringan dan internet untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.

BAB 8 Perangkat Lunak Komputer

Software dapat digolongkan menjadi dua.

  1. Perangkat lunak sistem komputer, yaitu perangkat lunak yang berfungsi agar komputer dapat berjalan dengan baik, termasuk di dalamnya adalah perangkat lunak sistem operasi dan perangkat lunak utility.
  2. Perangkat lunak aplikasi, yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk membantu aplikasi kehidupan sehari-hari pengguna komputer.

Jenis-Jenis perangkat lunak adalah:Jenis-Jenis perangkat lunak

BAB 9 Pemakaian Program Aplikasi Pengolah Kata

Microsoft Word 2007 adalah salah satu program aplikasi pengolah kata yang paling banyak digunakan. Microsoft Word 2007 merupakan bagian dari Microsoft Office 2007.
Tahapan-tahapan dalam menggunakan Microsoft Word 2007 adalah sebagai berikut.

  1. Membuka Microsoft Word 2007.
  2. Membuat dokumen baru.
  3. Menentukan ukuran kertas dan margin.
  4. Mengetik dokumen.
  5. Mengedit dokumen.
  6. Menyimpan dokumen.
  7. Mencetak dokumen.

Kami harap dengan dibuatnya rangkuman materi pelajaran TIK kelas 7 SMP seperti diatas dapat memudahkan kita belajar.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi