!-- Mobicow.com Ad Code Start : Do Not Modify -->

Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 9 SMP

Friday, September 9th, 2016 - Kelas 9 SMP, TIK

Rangkuman materi pelajaran TIK kelas 9 SMP pada halaman ini disusun berdasarkan buku paket pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Berikut rangkuman materi pelajaran TIK kelas 9 SMP secara lengkap.Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 9 SMP

Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 9 SMP

Bab 1 Mengenal Internet dan Intranet

  1. Internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung dalam skala global. Media penghubung internet berupa kabel tembaga, serat optik, gelombang satelit, kabel listrik, dan menggunakan gelombang elektromagnetik.
  2. Bentuk khusus dari internet disebut intranet, yaitu internet yang hanya dapat diakses oleh kalangan tertentu dengan cakupan area yang tertentu pula. Bila intranet disambungkan ke internet dengan perlindungan khusus, disebut ekstranet.
  3. Internet mula-mula dikembangkan di Amerika Serikat untuk keperluan pertahanan dan militer. Kemudian internet berkembang menjadi jaringan komputer dengan cakupan global dan menyediakan berbagai fasilitas sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.
  4. Internet memiliki berbagai aplikasi/fasilitas untuk bermacam-macam keperluan. Contoh aplikasi internet adalah web, e-mail, transfer file, chatting, dan sebagainya.
  5. Keuntungan menggunakan internet adalah sifat jangkauannya global, tidak dibatasi oleh kondisi geografis dan birokrasi suatu negara, tersedia akses selama 24 jam, kecepatan tinggi, serta sifat interaktivitas dan fleksibilitas tinggi. Namun penggunaan internet memiliki kekurangan berupa ancaman virus dan pencurian/penyalahgunaan data, ketergantungan pada jaringan dan ISP, dan menjadi sarana tersebarnya budaya negatif secara luas.

Bab 2 Jaringan Komputer dan Pertukaran Informasi

  1. Jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan peralatan lain yang saling terhubung menjadi satu kesatuan. Media penghubung dalam jaringan komputer dapat menggunakan kabel atau tanpa kabel (wireless).
  2. Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat jaringan antara lain kartu jaringan, kabel penghubung dan konektor, hub atau switch, access point, bridge, repeater, dan router.
  3. Ada berbagai macam jaringan komputer. Berdasarkan jangkauannya, ada jaringan lokal, metropolitan, jaringan luas, internet, dan jaringan wireless. Berdasarkan topologinya, ada jaringan bus, token ring, dan bintang. Berdasarkan hubungan antarkomputer, ada jaringan klien – server dan jaringan peer to peer.
  4. Agar dapat terhubung ke jaringan, setiap komputer harus menggunakan protokol komunikasi yang sama, yaitu protokol TCP/IP. Sedangkan untuk bisa bertukar data, digunakan protokol transfer tertentu, misalnya HTTP, FTP, SMTP, dan POP.
  5. Untuk memudahkan dalam mengakses situs web di internet, alamat situs web menggunakan nama domain sebagai penjabaran dari alamat IP. Sedangkan alamat setiap file di internet diistilahkan dengan URL yang penulisannya mengikuti kaidah tertentu.

Bab 3 Perangkat untuk Mengakses Internet

  1. Untuk mengakses internet dibutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai. Perangkat keras meliputi komputer, modem, jaringan komunikasi, dan ISP. Perangkat lunak meliputi browser, FTP client, e-mail client, dan IRC client.
  2. Modem merupakan alat yang digunakan oleh sebuah komputer untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lain melalui kabel telepon atau saluran transmisi data yang lain dengan proses modulasi dan demodulasi.
  3. Internet memerlukan media komunikasi sebagai infrastruktur tempat melewatkan data. Media komunikasi ini dapat menggunakan kabel atau menggunakan gelombang elektromagnetik (wireless). Untuk memperoleh kecepatan tinggi, data yang ditransmisikan harus berbentuk digital.
  4. Perusahaan yang menyediakan layanan internet disebut Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider. Agar dapat memperoleh akses internet, calon pengguna internet harus berlangganan ke ISP.
  5. Kecepatan akses internet diukur dengan satuan bit per sekon (bps). Kecepatan ini dipengaruhi oleh teknologi transmisi data yang digunakan dan faktor-faktor yang lain. Kecepatan ini dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu internet dial up dan internet broadband.

Bab 4 Melakukan Koneksi Internet

  1. Untuk dapat mengakses internet, kita harus memiliki layanan dari ISP. ISP inilah yang menentukan peralatan dan metode akses internet.
  2. Koneksi internet dapat dilakukan melalui metode dial up, koneksi leased line, wireless, menggunakan telepon genggam, dan menghubungkan komputer ke jaringan LAN yang telah tersambung internet.
  3. Koneksi dial up dapat menggunakan saluran telepon rumah maupun menggunakan telepon genggam CDMA. Kecepatan akses internet melalui metode dial up sekitar 56 kbps.
  4. Agar dapat terhubung dengan internet, komputer harus dilengkapi dengan modem lengkap dengan drivernya. Selanjutnya komputer harus diatur sedemikian rupa agar koneksi internet dengan ISP bisa berlangsung.
  5. Koneksi dial up melalui saluran telepon rumah dapat memanfaatkan fasilitas Telkomnet Instan yang dapat digunakan tanpa perlu melakukan registrasi terlebih dahulu.

Bab 5 Mengakses Internet

  1. Untuk mengakses internet, dibutuhkan perangkat lunak browser. Contohnya adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape, dan lain-lain. Internet Explorer merupakan browser yang paling banyak digunakan. Perintah dalam program ini dapat dijalankan melalui menu, ikon, atau menggunakan shortcut.
  2. Untuk mengakses internet, dapat diawali dengan menuliskan URL atau alamat situs web pada baris alamat suatu browser. Setelah halaman web terbuka, penjelajahan dapat dilakukan menggunakan link dan tombol navigasi.
  3. Alamat situs web dapat disimpan pada menu Favorites atau Bookmark. Dengan cara ini, alamat situs suatu web dapat dipanggil lagi dengan cepat.
  4. Halaman web berisi informasi. Informasi ini dapat disimpan secara utuh sebagai halaman web yang bisa dipanggil secara offline. Kita juga dapat menyimpan isi sebagian halaman web, gambar, animasi, suara, dan video, atau mencetak halaman web tersebut. Selain itu, kita bisa mengunduh berbagai file dari internet.

Bab 6 Berbagai Layanan Internet

  1. Internet merupakan suatu jaringan komputer. Agar dapat bermanfaat, harus dikembangkan aplikasi atau fasilitas yang dapat dilakukan melalui jaringan komputer tersebut. Dengan munculnya berbagai aplikasi internet, maka kita dapat menikmati berbagai layanan internet.
  2. Ada berbagai macam layanan internet. Contohnya adalah web, surat elektronik (e-mail), transfer file, remote login, chatting, gopher, Bulletin Board System, dan sebagainya.
  3. Salah satu bentuk layanan internet yang baru berkembang dan banyak diminati pengguna internet adalah blog atau web log. Blog merupakan sarana bertukar informasi dan pengalaman dengan menuliskannya di situs penyedia layanan blog. Kita dapat mengomentari setiap tulisan (posting) di blog.
  4. Ada banyak situs penyedia layanan blog, misalnya Blogger, Blogspot, Blogsome, WordPress, Blog boleh, Keren beken, dan sebagainya. Untuk dapat menggunakan layanan blog, kita harus mendaftar. Setelah mendaftar, kita bisa memilih template dan melakukan posting.
  5. Layanan internet berupa situs pertemanan digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas sosial dan pertemanan secara online. Contoh yang populer adalah MySpace, Multiply, Friendster, dan Facebook.

Bab 7 Mencari dan Memanfaatkan Informasi dari Internet

  1. Internet merupakan gudang informasi. Di dalamnya terdapat informasi yang sangat banyak, diperlukan berbagai metode untuk menemukan informasi yang relevan.
  2. Metode yang populer untuk mencari informasi di internet adalah menggunakan mesin pencari dan memanfaatkan ensiklopedia online. Contoh mesin pencari adalah Google, Yahoo!, MSN Live Search, Lycos, Altavista, dan Alexa. Sedangkan ensiklopedia online yang populer adalah Wikipedia.
  3. Untuk mencari informasi dengan mesin pencari, dilakukan dengan menuliskan kata kunci pada kotak pencarian. Untuk pencarian spesifik, dilakukan dengan pengaturan-pengaturan pada bagian pengaturan spesifik.
  4. Informasi dari halaman web dapat berupa halaman web dan gambar. Informasi ini bisa disimpan, disalin, atau dicetak untuk berbagai keperluan.

Bab 8 Layanan Komunikasi Interaktif di Internet

  1. Internet menyediakan berbagai layanan komunikasi interaktif. Layanan yang banyak digunakan adalah surat elektronik (e-mail) dan chatting.
  2. Berdasarkan ketergantungan pada sambungan internet, ada dua macam e-mail, yaitu e-mail online dan e-mail offline. E-mail online mengharuskan selalu terhubung ke internet untuk melakukan segala aktivitasnya. E-mail offline hanya memerlukan hubungan internet ketika menyimpan dan mengirim e-mail.
  3. Untuk dapat menggunakan layanan e-mail, kita harus mendaftar dengan mengisi formulir registrasi. Alamat e-mail yang kita miliki bersifat unik (hanya ada satu di dunia) yang dituliskan: pengguna@nama domain.
  4. Dengan e-mail, kita bisa berkirim dan menerima surat elektronik. E-mail yang kita terima bisa diteruskan ke orang lain, dibalas, atau dihapus. Kita juga bisa melam-pirkan file tertentu ketika mengirim surat elektronik.
  5. Layanan chatting berupa pembicaraan dalam bentuk teks. Dalam percakapan ini, sering digunakan istilah atau singkatan-singkatan tertentu. Ada pula susunan abjad tertentu untuk mengungkapkan perasaan yang disebut smilley. Untuk menggunakan layanan chatting, komputer harus terinstal program IRC klien.
  6. Penggunaan e-mail dan chatting harus mematuhi etika yang berlaku sebagai bentuk penghormatan kepada orang lain.

Bab 9 Mengenal Multimedia dan Presentasi

  1. Multimedia adalah metode penyampaian informasi dengan memanfaatkan beberapa media sekaligus, misalnya menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, dan video. Multimedia digunakan dalam dunia hiburan, game, pendidikan, dan bisnis. Dengan multimedia, informasi bisa diterima dengan lebih baik.
  2. Internet secara intensif memanfaatkan file multimedia dan presentasi sehingga dapat menampilkan informasi yang menarik dan interaktif. File multimedia melibatkan lebih dari satu media seperti teks, gambar, animasi, suara, dan video.
  3. Untuk membuat presentasi, digunakan program pengolah presentasi seperti Microsoft PowerPoint, OpenOffice Impress, Corel Presentation, dan lain-lain. Ke dalam slide presentasi dapat ditambahkan berbagai objek grafis dan multimedia untuk menampilkan presentasi yang menarik dan interaktif.
  4. Peralatan yang mendukung presentasi adalah proyektor LCD, sehingga tampilan presentasi bisa diikuti banyak orang sekaligus.

Kami harap dengan disusunnya rangkuman materi pelajaran TIK kelas 9 SMP seperti diatas dapat memudahkan kita mempelajari TIK pada kelas 9 SMP.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi