Rangkuman Pelajaran Seni Teater Kelas 7 SMP

Thursday, September 22nd, 2016 - Kelas 7 SMP, SBK

Rangkuman pelajaran Seni Teater kelas 7 SMP berikut disusun berdasarkan buku paket pelajaran Seni Teater untuk kelas 7 SMP yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.  Berikut rangkuman pelajaran Seni Teater kelas 7 SMP secara lengkap.Rangkuman Pelajaran Seni Teater Kelas 7 SMP

Rangkuman Pelajaran Seni Teater Kelas 7 SMP

Bab 1 Apresiasi Karya Seni Teater Daerah

Teater daerah adalah teater yang tumbuh dan berkembang di sebuah daerah. Teater rakyat adalah pertunjukan yang biasanya mengekspresikan dan menggambarkan kehidupan suatu masyarakat.

Fungsi pokok paling dominan dari teater tradisional pada massyarakat adalah sebagai berikut.

  1. Peringatan atau penghormatan kepada nenek moyang dengan mempertontonkan kegagahan maupun kepahlawanannya.
  2. Memanggil kekuatan gaib roh-roh pelindung untuk hadir di tempat terselenggaranya pertunjukan.
  3. Pemanggil roh-roh yang dianggap nenek moyang yang baik untuk mengusir roh-roh jahat.
  4. Pelengkap upacara yang diselenggarakan pada saat tertentu dalam siklus waktu.
  5. Pelengkap upacara sehubungan dengan peringatan tingkatan hidup seseorang.

Bab 2 Mengekpresikan Diri Melalui Seni Teater

Hal paling penting dimiliki oleh seorang pemain adalah memiliki tubuh yang sehat dan mampu menciptakan variasi bisnis act. Pemeranan akan enak dilihat jika pemain memiliki syarat-syarat dasar penampilannya, yaitu tubuh yang sehat, kuat, dan luwes, tidak soal bagaimana bentuk tubuhnya. Vokal yang baik juga penting dikuasai oleh pemain teater karena vokal adalah media penyampai maksud.

Sebelum pertunjukan dilaksanakan, hal-hal yang perlu dilakukan adalah merencanakan dan menerapkan prisip kerja sama dari semua personil yang terlibat dalam pertunjukan.

Bab 3 Mengidentifikasi Jenis Karya Seni Teater Daerah

Teater tradisional merupakan hasil kreativitas dan kebersamaan suatu kelompok sosial yang berakar dari budaya setempat. Teater tradisional tanpa menggunakan naskah dan bersifat improvisasi. Sifatnya supel, artinya dipentaskan di sembarang tampat. Jenis ini masih hidup dan berkembang di daarah-daerah di seluruh Indonesia. Sifat teater tradisional, yaitu improvisasinya sederhana, spontan, dan menyatu dengan kehidupan rakyat.

Bab 4 Mengekspresikan Diri dengan Seni Teater

Beberapa bentuk latihan yang wajib dilakukan oleh pemain-pemain teater tradisi yaitu: pertama, latihan tubuh adalah latihan ekspresi secara fisik. Kedua, latihan suara yakni latihan mengucapkan suara secara jelas dan nyaring (vokal), dapat juga berarti latihan penjiwaan suara. Ketiga, olah pikir bisa dengan konsentrasi, observasi, dan imajinasi.

Di dalam proses perancangan pertunjukan teater daerah ada dua wilayah yang sangat penting, yaitu wilayah pemanggungan di bawah kontrol sutradara dan wilayah produksi di bawah kontrol pimpinan produksi.

Semoga dengan disusunnya rangkuman pelajaran Seni Teater kelas 7 SMP seperti diatas dapat memudahkan kita mempelajari materi Seni Teater.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi