Renang Gaya Bebas

Monday, November 2nd, 2015 - Kelas 10 SMA, Penjaskes

Renang gaya bebas biasa disebut juga dengan crawl yang artinya merangkak. Gaya ini menyerupai gaya berenang seekor binatang. Gerakan asli dari gaya ini menirukan gerakan anjing yang sedang berenang.

1. Lomba Renang Gaya Bebas

Lomba renang gaya bebas terbagi dalam tiga kategori, yaitu:

a. Untuk pria

Lomba renang gaya bebas untuk pria, antara lain:

  1. gaya bebas 50 meter
  2. gaya bebas 100 meter
  3. gaya bebas 200 meter
  4. gaya bebas 400 meter
  5. gaya bebas 800 meter
  6. gaya ganti 200 meter
  7. estafet gaya bebas 4 x 100 meter
  8. estafet gaya bebas 4 x 200 meter
  9. estafet gaya ganti 4 x 100 meter

b. Untuk wanita

Lomba renang gaya bebas untuk wanita, antara lain:

  1. gaya bebas 50 meter
  2. gaya bebas 100 meter
  3. gaya bebas 200 meter
  4. gaya bebas 400 meter
  5. gaya bebas 1500 meter
  6. gaya ganti 200 meter
  7. estafet gaya bebas 4 x 100 meter
  8. estafet gaya bebas 4 x 200 meter
  9. estafet gaya ganti 4 x 100 meter

c. Pembagian kelompok umur

  1. Kelompok umur I putra dan putri umur 15 tahun-17 tahun.
  2. Kelompok umur II putra dan putri umur 13 tahun-14 tahun.
  3. Kelompok umur III putra dan putri umur 11 tahun-12 tahun.
  4. Kelompok umur IV putra dan putri sampai umur 10 tahun.

2. Teknik Renang Gaya Bebas

Teknik renang gaya bebas terbagi ke dalam beberapa tahapan, yaitu sebagai berikut.

a. Teknik dasar mengapung

Posisi mengapung tidak dapat dilakukan dalam satu sikap saja, tetapi banyak posisi yang bisa dilakukan supaya tubuh dapat terapung di atas permukaan air. Lakukanlah dengan rileks dan melayang tanpa mengeluarkan tenaga. Berikut teknik mengapung dalam renang.Renang Gaya Bebas

  1. Berdiri di depan dinding kolam sejauh satu meter, air kolam dengan ketinggian air setinggi perut.
  2. Tarik napas dalam-dalam, kemudian masukkan kepala ke dalam air dengan sedikit merebahkan tubuh ke depan dalam posisi telungkup, mata tetap terbuka, dan buanglah napas perlahan-lahan.
  3. Tubuh tetap rileks pertahankan sikap tersebut di dalam air hingga napas tidak kuat lagi.
  4. Lakukanlah latihan ini berulang-ulang.

b. Teknik dasar meluncur

Setelah menguasai teknik mengapung, lanjutkan dengan latihan meluncur. Latihan ini bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh di air. Jika tidak mampu menguasai keseimbangan tubuh maka tubuh akan tenggelam dan tidak mampu berdiri di kolam renang, meskipun kolam tersebut dangkal. Cara melakukan latihan meluncur sebagai berikut.Teknik renang gaya bebas

  1. Berdirilah di tepi kolam dengan sikap membelakangi dinding kolam, salah satu kaki menempel pada dinding untuk melakukan tolakan.
  2. Kedua lengan lurus ke atas di samping telinga dengan ibu jari saling berkaitan.
  3. Ambil napas dalam-dalam, condongkan tubuh ke depan, berusaha ujung jari tangan lebih dahulu yang masuk ke dalam air.
  4. Tolakkan kaki yang menempel pada dinding kolam sampai tubuh terdorong ke depan.
  5. Saat tubuh sedang meluncur, biarkan sampai tubuh berhenti melaju.

1) Posisi tubuh

Posisi tubuh saat berenang ialah streamline artinya sejajar dengan permukaan air. Tubuh harus berputar pada sumbunya dan hindari gerakan yang mengakibatkan posisi tubuh naik dan turun.

Posisi tubuh renang gaya bebas

2) Gerakan kaki

Gerakan kaki dalam renang gaya bebas berperan penting. Gerakan ini akan membantu luncuran. Selain itu, gerakan tungkai juga sebagai pengatur keseimbangan tubuh. Berikut ini cara melakukan latihan gerakan kaki.

Gerakan kaki dalam renang gaya bebas

  1. Kedua kaki digerakkan ke atas dan ke bawah secara bergantian dalam keadaan lemas.
  2. Gerakan kedua kaki dimulai dari pangkal paha.
  3. Gerakan jangan terlalu tinggi tapi cukup dekat dengan permukaan air.

3) Gerakan lengan

Gerakan lengan merupakan gerak pendukung yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan dayungan lengan akan mendukung laju tubuh dengan cepat. Latihan gerakan tangan dapat dilakukan di kolam dangkal, berikut cara melakukannya.Gerakan lengan renang gaya bebas

  1. Sikap awal berdiri, badan dibungkukkan dan kedua tangan lurus di samping telinga.
  2. Tangan kanan ditarik ke bawah sambil menekan air, sampai berada di bawah badan. Tangan mendorong air ke belakang dan ke atas.
  3. Siku tangan kanan cepat ditekuk dan di keluarkan dari air, saat tangan kiri sampai di bawah badan di dalam air, tangan kiri mendorong air ke belakang dan ke atas.
  4. Gerakan kembali ke posisi semula dilakukan dengan mengayunkan tangan ke depan.
  5. Lakukan gerakan ini secara bergantian antara tangan kanan dan kiri dan lakukan gerakan ini secara berulang-ulang.

4) Teknik pernapasan

Latihan pernapasan sebaiknya dilakukan di darat terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan melatih gerakan seperti yang dikerjakan di air. Pengambilan napas dilakukan pada saat mulut berada di atas permukaan air yaitu dengan cara memiringkan kepala (memutar) ke sisi kanan atau kiri. Latihan pernapasan juga dapat dilakukan di dalam kolam dangkal, caranya sebagai berikut.

Teknik pernapasan renang gaya bebas

  1. Salah satu lengan lurus ke depan sejajar dengan permukaan air.
  2. Jika tangan kiri yang di depan muka mengambil napasnya dengan memutar kepala pada sumbunya ke kanan.
  3. Jika tangan kanan yang di depan maka pengambilan napasnya memutar kepala pada sumbunya ke kiri.
  4. Pengambilan napas biasanya dilakukan saat melakukan gerakan tangan kanan saja atau kiri saja, atau perbandingannya dua kali menarik tangan dan sekali mengambil napas.

Setelah Anda mempelajari teknik renang gaya bebas, maka langkah berikutnya adalah melakukan praktik renang gaya bebas. Dengan praktik maka Anda dapat menerapkan teknik-teknik dasar renang gaya bebas dan dapat menguasai gerakannya.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi