RNA Biologi Kelas 12 SMA

Wednesday, September 16th, 2015 - Biologi, Kelas 12 SMA

RNA adalah bahan genetik selain DNA. Di dalam inti sel makhluk hidup, baik sel prokariotik maupun sel eukariotik terdapat asam nukleat yang berupa DNA dan RNA. Tetapi beberapa virus tidak memiliki DNA, sehingga hanya memiliki RNA saja, maka dalam hal ini fungsi RNA menjadi sama dengan DNA, baik sebagai materi genetik maupun dalam mengatur aktivitas sel. RNA merupakan hasil transkripsi dari suatu fragmen DNA, sehingga RNA merupakan polimer yang jauh lebih pendek dibanding DNA.

1. Struktur RNA

Struktur RNA

Struktur RNA

Molekul RNA mempunyai bentuk yang berbeda dengan DNA. RNA memiliki bentuk pita tunggal dan tidak berpilin. Susunan RNA terdiri atas:

  1. gugus fosfat,
  2. gula pentosa (gula ribosa),
  3. basa nitrogen.

Basa nitrogen dibedakan menjadi dua jenis.

  1. Basa purin yang tersusun dari Adenin (A) dan Guanin (G).
  2. Basa pirimidin yang tersusun dari Sitosin (S) dan Urasil (U).

Basa purin dan pirimidin RNA memiliki rumus kimia yang berbeda dari DNA. Rumus kimia gula pentosa dan basa urasil dari RNA dapat dijelaskan seperti terlihat pada gambar berikut.

Rumus kimia gula pentosa (Ribosa) dan basa urasil dari RNA

Rumus kimia gula pentosa (Ribosa) dan basa urasil dari RNA

2. Macam dan Fungsi RNA

Menurut peranan dan tempat terdapatnya, RNA dapat dibedakan seperti berikut.

a. RNA duta (RNAd)

RNA duta disebut juga messenger RNA (mRNA). RNA duta merupakan RNA yang urutan basanya berpasangan dengan salah satu urutan basa rantai DNA.

RNA duta dibentuk oleh DNA di dalam inti sel, fungsi dari RNA duta adalah menyampaikan informasi genetik dalam bentuk kode-kode genetik dalam inti ke ribosom dan sebagai pola cetakan dalam membentuk polipeptida. RNA duta ini dibentuk bila diperlukan dan jika tugasnya selesai, maka akan dihancurkan dalam plasma. Rantai tunggal RNA duta cukup panjang seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Rantai tunggal RNA duta

Rantai tunggal RNA duta

b. RNA ribosom (rRNA)

RNA ribosom dibentuk oleh DNA dan terdapat di dalam ribosom. Fungsi dari RNA ribosom adalah sebagai mesin perakit dalam sintesis protein yang bergerak ke satu arah sepanjang RNA duta. Di dalam  ribosom molekul rRNA ini mencapai 30-46%.

c. RNA transfer (tRNA)

RNA transfer dibentuk oleh DNA dan terletak di dalam sitoplasma. RNA transfer berfungsi mengangkut asam-asam amino ke ribosom sesuai dengan kode yang terdapat dalam RNA duta, serta menerjemahkan kode-kode yang dibawa oleh RNA duta.

Dengan adanya penjelasan materi di atas, terdapat perbedaan antara DNA dan RNA. Coba Anda diskusikan hal ini dengan teman-teman sekelas Anda! Perbedaan antara DNA dan RNA dapat dilihat pada tabel berikut.

Perbedaan DNA dan RNA

Tabel Perbedaan DNA dan RNA

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi