Senam Lantai Tanpa Alat

Wednesday, July 27th, 2016 - Kelas 10 SMA, Penjaskes

Senam Lantai Tanpa Alat

1. Berguling Depan (Forward Roll)

Guling ke depan adalah berguling ke depan dengan urutan gerak dimulai dari tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang. Cara melakukan guling depan (forward roll) sebagai berikut.contoh senam lantai tanpa alat

  1. Sikap awal jongkok, kedua kaki rapat, kedua telapak tangan sejajar bahu.
  2. Letakkan kedua telapak tangan pada matras selebar bahu.
  3. Tekuk siku ke samping, masukan kepala di antara kedua tangan, sentuhkan tengkuk ke matras, bergulinglah ke depan dengan cara mendorong berat badan ke depan pelan-pelan.
  4. Selanjutnya, melipat kedua lutut, tarik dagu dan lutut ke dada, tangan merangkul lutut.
  5. Gerakan akhir adalah jongkok dengan kedua kaki rapat.

2. Berguling Belakang (Back Roll)

Berguling belakang adalah bentuk gerakan mengguling yang dimulai dari pinggul, pinggang bagian belakang, punggung, kepala bagian belakang, dan yang terakhir kedua kaki. Cara melakukan guling belakang (backroll) sebagai berikut.macam macam senam lantai tanpa alat

  1. Sikap awal jongkok, kedua kaki rapat, tekuk kedua siku tangan menghadap ke atas di dekat telinga, dagu dan lutut tarik ke dada.
  2. Gulingkan badan ke belakang hingga bahu menyentuh matras, lutut dan dagu tetap mendekat dada, telapak tangan didekat telinga.
  3. Bahu menyentuh matras, kedua telapak tangan menyentuh matras, gerakan kaki untuk dijatuhkan ke belakang kepala, jatuhkan ujung kaki ke belakang kepala.
  4. Dorong lengan ke atas, kedua kaki dilipat sampai ujung kaki sehingga dapat mendarat di atas matras, lalu kembali ke sikap jongkok dengan lengan lurus ke depan.

3. Berdiri Dengan Kepala (Headstand)

alat senamBerdiri dengan kepala adalah bentuk sikap berdiri pada kepala dengan tumpuan kepala dan kedua tangan. Cara melakukannya sebagai berikut.

  1. Berdiri tegak kedua kaki rapat, dan kedua lengan lurus rapat di samping badan, pandangan ke depan.
  2. Bungkukkan badan ke depan, letakkan kedua telapak tangan di matras.
  3. Letakkan pula dahi di matras di antara kedua tangan. Letakkan kedua tangan dan dahi membentuk segitiga sama sisi.
  4. Angkat pinggul ke atas, badan tegak lurus pada matras.
  5. Luruskan kaki ke atas, jaga keseimbangan dan pertahankan beberapa saat.

4. Berdiri Dengan Kedua Tangan (Handstand)

contoh senam lantaiBerdiri dengan kedua tangan adalah bentuk sikap berdiri dengan tumpuan kedua belah tapak tangan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

  1. Berdiri t egak dengan salah satu kaki berada di depan dan kedua tangan lurus di atas dengan telapak tangan terbuka, kemudian letakkan telapak tangan bertumpu di matras.
  2. Bungkukkan badan ke depan, kedua tangan tetap lurus lalu ayunkan kaki ke belakang atas, diikuti kaki yang satunya dan rapatkan, sehingga membentuk garis vertikal antara lengan, badan, dan kedua kaki lurus ke atas.
  3. Pertahankan si kap tersebut beberapa saat, jaga keseimbangan tubuh.
  4. Ayunkan kaki kanan dalam keadaan lurus ke atas, sehingga kaki kiri juga ikut terangkat ke atas, pertahankan sikap tersebut beberapa saat, jaga keseimbangan tubuh.
  5. Kembali ke sikap awal yaitu berdiri tegak, kedua lengan lurus di samping badan dan pandangan tetap ke depan.

5. Guling Lenting (Neckspring)

Guling lenting adalah bentuk gerakan tubuh melenting ke depan atas yang dimulai dari dahi dilanjutkan melenting ke atas, kepala, bahu, pinggang, pinggul, dan kedua tungkai serta kedua lengan ikut melenting ke atas pula, sampai pada kedua kaki mendarat secara bersama-sama.macam senam lantai

Cara melakukannya sebagai berikut.

  1. Sikap awal jongkok, kemudian angkat kedua tangan ke depan, bungkukkan badan, letakkan kedua telapak tangan pada matras.
  2. Tekuk kedua siku ke samping, masukkan kepala di antara dua tangan, posisi kedua telapak tangan dan letak dahi segaris lurus.
  3. Lemparkan kaki kanan ke atas depan, disusul oleh lentingan tungkai kaki kiri, pinggul dan tubuh mengikuti lentingan ke atas, kedua lengan lurus ke atas depan.
  4. Kedua kaki rapat dan mendarat di matras secara bersama-sama.
  5. Kembali ke sikap awal.

Dalam melakukan gerakan senam lantai tanpa alat perlu didampingi instruktur yang paham dengan gerakan senam lantai tanpa alat tersebut agar gerakan kita benar dan aman.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi