Struktur Sel Tumbuhan dan Hewan Kelas 11 SMA

Thursday, April 28th, 2016 - Biologi, Kelas 11 SMA

Struktur sel tumbuhan dan hewan memiliki perbedaan. Perbedaan struktur sel tumbuhan dan hewan dapat diketahui dengan melakukan percobaan untuk mengamati sel dari keduanya. Berikut adalah cara mengamati struktur sel tumbuhan dan hewan.

Percobaan Struktur Sel Tumbuhan dan Hewan

A. Mengamati Sel Tumbuhan

  1. Sayatlah bawang dengan menggunakan pisau. Ambillah bagian tipis yang transparan dari permukaan dalam bawang dengan menggunakan jarum bertangkai.
  2. Berilah 1 tetes air pada objek gelas. Letakkan potongan bawang tadi pada tetesan air, kemudian tutuplah dengan gelas penutup. Air yang merembes pada objek gelas diisap dengan menggunakan kertas tisu.
  3. Amatilah di bawah mikroskop dengan perbesaran kecil dan besar.
  4. Ambillah objek gelas dari mikroskop tadi, kemudian berilah 1 tetes larutan yodium pada salah satu sisi objek gelas (cairan ini berfungsi untuk memperjelas bagian-bagian sel). Cairan yang merembes pada objek gelas diisap dengan menggunakan kertas tisu.
  5. Amatilah kembali preparat di bawah mikroskop dengan perbesaran kecil dan besar.
  6. Gambarlah hasil pengamatan Anda dan berilah keterangan pada bagian-bagian sel yang dapat diamati.
  7. Konsultasikan hasil pengamatan Anda dengan guru pengampu!

B. Mengamati Sel Hewan

  1. Amatilah lapisan dalam rongga mulut dengan cara menggoreskan tusuk gigi dengan hati-hati pada bagian dalam rongga mulut.
  2. Berilah 1 tetes air pada objek gelas, kemudian letakkan goresan rongga mulut tadi pada tetesan air di atas objek gelas. Setelah itu tutuplah dengan gelas penutup.
  3. Amatilah di bawah mikroskop dengan perbesaran kecil dan besar.
  4. Ambilah objek gelas dari mikroskop tadi. Teteskan metilen biru pada salah satu bagian tepi dari objek gelas (cairan ini berfungsi untuk memperjelas bagian-bagian sel). Cairan yang merembes ke luar dari objek gelas diisap dengan menggunakan kertas tisu.
  5. Amatilah kembali di bawah mikroskop dengan perbesaran kecil dan besar.
  6. Gambarlah hasil pengamatan Anda dan berilah keterangan pada masing-masing bagian sel tersebut!

Dari dua kegiatan yang telah Anda lakukan, maka Anda bisa membandingkan antara sel tumbuhan yang diambil dari tumbuhan bawang dan sel hewan yang diambil dari goresan dalam rongga mulut. Bandingkan hasil yang Anda peroleh dengan gambar berikut.

Struktur Sel Tumbuhan dan Hewan Kelas 11 SMAPerbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Berdasarkan gambar yang telah Anda dapatkan dari kegiatan di depan, dapat terlihat bahwa pada bagian luar sel tumbuhan terdapat dinding sel, tetapi pada hewan tidak. Adanya dinding sel inilah yang menyebabkan sel-sel tumbuhan memiliki sifat keras dan kaku.

Pada tumbuhan, dinding sel berfungsi antara lain untuk melindungi protoplas, sebagai penguat tanaman dan mencegah terjadinya dehidrasi. Komponen utama penyusun dinding sel adalah polisakarida.

Dinding sel tumbuhan muda masih terlihat tipis yang terdiri atas selaput zat pektin. Setelah sel tumbuhan bertambah tua, maka dinding sel akan menebal dan zat pembentuknya adalah selulosa. Dinding sel bagian dalam berhubungan langsung dengan membran plasma. Membran ini bisa terlihat apabila sel berada di dalam larutan yang lebih pekat daripada larutan dalam sel, sehingga membran plasma akan lepas.

Selain itu, organela khas yang terdapat pada sel hewan dan tidak banyak terdapat pada sel tumbuhan adalah sentrosom dan lisosom. Struktur sentrosom bisa dilihat dengan jelas apabila menggunakan mikroskop elektron. Struktur sentrosom seperti rakitan batang-batang yang menyusun bangunan sekunder, sembilan batang membentuk bangun silinder, satu batang berada di pusat silinder. Apakah dan bagaimanakah lisosom itu? Cobalah ingat kembali pengertiannya berdasarkan penjelasan di depan.

Perbedaan Struktur Sel Tumbuhan dan Hewan

Secara garis besar, perbedaan antara struktur hewan dengan tumbuhan bisa dilihat pada tabel di bawah.

Perbedaan Struktur Sel Tumbuhan dan HewanBerdasarkan penjelasan tersebut kita dapat membedakan kondisi antara struktur sel tumbuhan dan hewan .

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi