Tata Cara Dan Tujuan Permainan Pramuka

Monday, August 17th, 2015 - Umum

Permainan pramuka merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam kepramukaan. Permainan pramuka selain sebagai hiburan dalam kegiatan kepramukaan juga berfungsi sebagai media menyampaikan materi kepramukaan tentang kesetiakawanan antar anggota pramuka, kerjasa tim dan peningkatan jati diri pramuka yang lain. berikut adalah contoh permaian pramuka tersebut.

Permainan Pramuka

Permainan Pramuka

1. Permainan Pramuka Rebut Dan Rampas

Peralatan  :  Tongkat atau sapu lidi untuk tiap anak
Jumlah pemain  :  Bebas
Waktu  :  10 menit

Tujuan permaian rebut dan rampas ini adalah melatih kecekatan & melatih kesetiakawanan

Unsur hiburan dalam permaian rebut dan rampas

Semua anak membentuk lingkaran dengan jarak kira-kira 1 meter. Semakin ahli, jaraknya dapat semakin jauh. Tiap anak memegang tongkatnya hingga berdiri tegak di lantai. Bila ada perintah “ya” tiap anak harus melepaskan tongkatnya dan cepat-cepat menangkap tongkat teman di sebelah kanannya. Bila tongkat itu sudah keburu jatuh, maka ia dikeluarkan.

Permainan ini sangat menyenangkan dan dapat bervariasi. Jarak antar anak dapat diperbesar bila anak-anak sudah mampu, perintah dapat berupa “kiri” atau “kanan”. Bila ingin permainan lebil lama, maka setelah jatuh 3 kali baru dikeluarkan.

2. Permainan Pramuka Petani Dan Pencuri

Peralatan :  Karet gelang atau tali, kantong kacang, atau potongan kain atau agar kelihatan sungguhan, sebuah apel.
Jumlah pemain :  bebas
Waktu :  8-10 menit

Tujuan permaian petani dan pencuri adalah melatih kecepatan para anggota pramuka

Unsur hiburan dalam permaian petani dan pencuri

Anak-anak membentuk lingkaran dan seorang anak, yang jadi pencuri disuruh keluar  ruangan. Selagi ia diluar, seorang anak ditunjuk sebagai petani. Sebuah benda ditaruh di tengah lingkaran. Pencuri tadi datang dan berjalan diluar lingkaran. Ia boleh memasuki lingkaran dari mana saja dan mencuri benda itu. Petani harus menangkapnya pada saat pencuri menyentuh benda tersebut. Pencuri itu harus lari keluar dari lingkaran lewat jalan masuk tadi dan ia selamat bila ia dapat keluar tanpa tertangkap. Bila ia tertangkap maka petani itu harus jadi pencuri dan dipilih petani baru.

3.  Permaian Pramuka arung Jeram

Tujuan permaian pramuka arung jeram ini adalah :

  • Kerja sama tim.
  • Kekompakan regu.
  • Yang kuat membantu yang lemah.
  • Menetapkan bersama trategi manajemen secara tepat.
  • Menempatkan diri saat bertindak/ menjalankan tugas.

Peralatan yang digunakan dalam permaian arung jeram :

  • Tali besar ( diameter 4-5 cm/ seukuran tali Perahu ).( panjang tali sesuaikan dengan anggota regu yang bermain. )
  • Kedua ujung tali di ikat dengan kuat.

Pelaksanan permaianan :

  • Semua anggota regu duduk melingkar dengan kedua kaki menjulur (selonjor) ke dalam lingkaran.
  • Tiap anggota regu kedua tangannya memegang tali, jarak antar anggota regu 0,5 – 1 meter. Jarak semakin rapat semakin baik.

Peraturan permaian arung jeram:

  • Semua anggota regu berupaya untuk berdiri secara bersama-sama.
  • Saat mencoba berdiri, kedua kaki/ lutut tidak boleh ditekuk ( Tetap Lurus )
  • Setelah dapat berdiri bersama, kemudian berupaya duduk bersama kembali.
  • Diupayakan jangan ada peserta yang terjatuh.

4. Permaian Pramuka Stick Goyang

Tujuan permaian stick goyang :

  • Menjalin Kerja sama dan toleransi antar anggota.
  • Belajar saat menerima dan kapan harus memberikan kesempatan kepada yang lain.
  • Berlatih menghadapi segala rintangan atas asas kebersamaan.

Alat yang digunakan dalam permaian stick goyang :

  • Tali Pramuka/ boleh rafia. Sejumlah peserta.
  • Tongkat/ Balok/ papan kayu/ Bambu . Panjang ( 2- 3 meter ) Diameter bebas.
  • Aneka Halang rintang.

Pelaksanaan permaian stick goyang :

  • Tiap anggota regu berhak memegangi utas tali . boleh sebelah kanan atau kiri
  • Ditengah tarikan utas tali, diletakkan balok/ bambu dengan tali dalam kondisi kencang.
  • Regu Menempuh suatu perjalanan penuh rintangan dengan jarak bebas.
  • Regu dengan waktu tempuh tercepat dan balok/ bambu tidak pernah jatuh itulah yang terbaik
  • Rintangan dapat dibuat sedemikian rupa, sehingga perjalanan membawa balok/ bambu nampak penuh tantangan. ( Melebar, menyempit, lompat, naik dan turun)

5.  Permaian Pramuka Baut Barisan

Tujuan permaian baut barisan adalah agar seluruh peserta bisa berkenalan lebih jauh, fisik maupun sifat-sifat mereka, sekaligus melatih mereka bekerjasama dalam kelompok.

Langkah-langkah permainan baut barisan :

  • Peserta di bagi dalam 2 kelompok yang sama banyak (bila jumlah peserta ganjil, seorang pemandu bisa masuk ke dalam salah 1 kelompok).
  • Pemandu menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
    1. Kedua keompok akan berlomba menyusun barisan. Barisan disusun berdasarkan aba-aba pemandu :tinggi badan, panjang rambut, usia dst.
    2. Pemandu akan menghitung sampai 10, kemudian kedua kelompok, selesai atau belum, harus jongkok.
    3. Setiap kelompok secara bergantian memeriksa apakah kelompok lawan telah melaksanakan tugasnya dengan benar.
    4. Kelompok yang menang adalah kelompok yang melaksanakan tugasnya dengan benar dan cepat ( bila kelompok dapat meyelesaikan tugasnya sebelum hitungan ke 10 mereka boleh langsung jongkok untuk menunjukkan bahwa mereka telah selesai melakukan tugas).
  • Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.

6.  Permaian Pramuka Bercermin

Latihan yang menyenangkan ini digunakan untuk mendiskusikan perasaan dan sikap dalam menuntun dan mengikuti orang lain. Acara sore yang baik.

Prosedur permainan pramuka bercermin :

  • Setiap peserta memilih pasangannya dan berdiri berhadapan dengan tangan ke atas dalam jarak kira-kira sejengkal. Mereka menirukan gerak pasangannya, layaknya sebuah cermin, demikian bergantian sesuai dengan keinginan mereka.
  • Untuk putaran kedua, pasangan meneruskan bercermin, tapi kali ini kedua tangannya bersentuhan dengan lembut.
  • Pada putaran ketiga, mintalah mereka merapatkan tangan dengan kuat, dan melanjutkan menuntun mengikuti bergantian.

Bahan diskusi dlam permaian pramuka bercermin :

  1. Apa bedanya antara ketiga pengalaman tadi ?
  2. Bagaimana perasaan anda pada setiap latihan menuntun dan mengikuti tadi ?
  3. Adakah persamaan yang anda temukan dalam hal menuntun dan mengikuti dengan kenyataan sehari-hari?

Permainan pramuka diatas dapat dimainkan dalam kegiatan kepramukaan disekolah atau pada kegiatan kepramukaan yang lain.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi