Transfusi Darah Kelas 11 SMA

Friday, October 2nd, 2015 - Biologi, Kelas 11 SMA

Transfusi darah dapat dijumpai pada proses pengobatan penyakit tertentu. Tujuan dilakukannya transfusi darah adalah untuk memberikan darah kepada orang yang kekurangan darah, misalnya karena kecelakaan, operasi, proses melahirkan, dan sebagainya. Tentunya ada hal-hal yang harus diperhatikan pada proses transfusi ini, terutama jenis golongan darah.

Proses Transfusi Darah

Dalam kasus transfusi darah, golongan darah ini sangat penting sekali diketahui. Jika golongan darah yang ditransfusikan tidak sesuai, terutama protein darahnya, maka sel darah akan digumpalkan atau mengalami aglutinasi (penggumpalan). Apabila hal ini terjadi bisa membahayakan jiwa penerima transfusi darah.

Orang yang memberikan darahnya disebut donor, sedangkan orang yang menerima darah disebut resipien. Kemungkinan tranfusi darah dari donor pada resipien dapat dilihat dari skema pada gambar berikut.

Transfusi Darah Kelas 11 SMA

Dari skema pada gambar di samping terlihat adanya kemungkinan terjadinya transfusi darah. Skema tersebut dapat dijelaskan dengan tabel di bawah ini:

kemungkinan terjadinya transfusi darah

Dari tabel di atas apabila dipandang dari donornya terlihat bahwa:

  1. golongan darah A dapat menjadi donor bagi golongan darah A dan AB;
  2. golongan darah B dapat menjadi donor bagi golongan darah B dan AB;
  3. golongan darah AB dapat menjadi donor bagi golongan darah AB;
  4. golongan darah O dapat menjadi donor bagi golongan darah A, B dan AB.

Dalam hal ini golongan darah O disebut sebagai donor universal yaitu donor bagi semua golongan darah. Apabila dipandang dari resipiennya terlihat bahwa:

  1. golongan darah A dapat menjadi resipien dari golongan darah A dan O;
  2. golongan darah B dapat menjadi resipien dari golongan darah B dan O;
  3. golongan darah AB dapat menjadi resipien dari golongan darah A, B, AB dan O, dalam hal ini golongan darah AB disebut resipien uniersal, yaitu resipien dari semua golongan darah;
  4. golongan darah O hanya dapat menjadi resipien dari golongan darah O saja.

Semoga uraian singkat tentang transfusi darah diatas mudah dipahami, selamat belajar.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi