Unsur-unsur Lingkungan Hidup SMP Kelas 8

Monday, August 31st, 2015 - IPS, Kelas 8 SMP

Unsur-unsur lingkungan hidup menurut undang-undang Nomor 23 Pasal Ayat 1 tentang pengelolaan lingkungan hidup disebutkan bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Unsur-unsur Lingkungan Hidup SMP Kelas 8

1. Pengertian lingkungan hidup

Di lingkungan sekitar kita, banyak terdapat unit-unit yang merupakan tata kesatuan yang saling berkaitan antara komponen yang satu dengan yang lain. Kesatuan ini dikenal dengan istilah ekosistem. Contoh ekosistem adalah akuarium, yang terdiri atas ruangan yang berisi air, terdapat batu-batuan atau kerikil, tanaman lumut atau ganggang air, dan ikan.

Ekosistem alami yang mempunyai susunan serupa adalah kolam, telaga, sungai, rawa, dan laut. Semua contoh di atas disebut ekosistem perairan. Hutan pegunungan, padang rumput, gurun pasir disebut ekosistem darat. Seluruh alam semesta dapat dipandang sebagai sebuah ekosistem. Jadi, ekosistem adalah tatanan unsurunsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan yang menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam bentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan.

Pertumbuhan penduduk yang pesat merupakan penyebab utama meningkatnya kebutuhan hidup. Akibatnya manusia mendayagunakan sumber daya alam secara besar-besar dan guna memenuhi kebutuhannya. Pengeksploitasian sumber daya alam secara besar-besaran akan membuat lingkungan hidup mengalami perubahan baik berskala kecil maupun berskala besar. Oleh karena itu, manusia dalam mengelola sumber daya alam perlu memperhatikan masa kini maupun masa mendatang demi kelangsungan hidup generasi mendatang.

2. Unsur-unsur lingkungan hidup

Lingkungan hidup terdiri atas beberapa unsur yang saling terkait satu sama lain. Unsur-unsur dalam lingkungan hidup terdiri atas unsur abiotik, unsur biotik, dan unsur sosial budaya.

Agar lebih jelasnya mengenai ketiga jenis unsur tersebut, simaklah baik-baik uraian berikut:

a. Unsur abiotik

Unsur abiotik disebut juga unsur fisik. Unsur abiotik adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas benda-benda tidak hidup, misalnya tanah, atmosfer, air, sinar matahari, dan lain-lain.

  1. Tanah, sebagai tempat tumbuh bagi tumbuhan, sebagai tempat tinggal manusia, dan hewan dengan segala aktivitasnya.
  2. Atmosfer, adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi terdiri dari kumpulan berbagai macam gas (nitrogen, oksigen, argon, dan karbon dioksida). Manusia dan hewan bernapas menghirup oksigen dan membuang karbon dioksida. Sedangkan tumbuhan menyerap karbon dioksida dan sinar matahari untuk fotosintesis dan membuang oksigen ke udara.
  3. Air, sebagai unsur yang diperlukan seluruh unsur kehidupan. Tanpa air, tidak akan ada kehidupan. Air juga sebagai habitat (tempat hidup) hewan dan tumbuhan air.
  4. Sinar matahari, merupakan energi primer yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan. Energi sinar matahari diterima dan diserap untuk energi dalam proses fotosintesis oleh tumbuhan. Hasilnya berupa bahan makanan untuk tumbuhan sendiri maupun organisme lain. Tanpa sinar matahari, tidak akan ada kehidupan.

b. Unsur biotik

Unsur biotik adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan dan jasad renik). Keempat unsur ini saling berhubungan satu sama lain. Tumbuhan memperoleh unsur hara dari jasad renik. Tumbuhan dimakan hewan/manusia, hewan dan manusia masih diuraikan oleh jasad renik menjadi unsur hara. Proses seperti itu berlangsung terus-menerus menjadi siklus. Menurut fungsinya, komponen biotik dibedakan menjadi tiga kelompok utama sebagai berikut:

  1. Kelompok produsen adalah organisme yang membuat makanannya sendiri untuk keperluan dirinya maupun organisme lain. Kelompok ini terdiri dari tumbuhan yang berhijau daun.
  2. Kelompok konsumen adalah kelompok organisme yang menggunakan bahan makanan yang dibuat oleh produsen. Kelompok ini terdiri dari hewan dan manusia.
  3. Kelompok pengurai (decomposer) adalah organisme yang berperan menguraikan sisa-sisa atau makhluk hidup yang telah mati. Termasuk kelompok ini adalah bakteri dan jamur. Susunan hubungan dan interaksi antarkomponen, baik biotik dan abiotik dapat digambarkan dalam skema di bawah ini.

c. Unsur sosial budaya

Unsur sosial budaya adalah lingkungan sosial dan budaya dibuat manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial, sebagai contoh unsur sosial budaya berupa fasilitas fisik seperti: masjid, kantor, tempat rekreasi, pabrik dan lain-lain.

Dari uraian materi diatas kita ketahui bahwa unsur-unsur lingkungan hidup terdiri dari unsur abiotik, biotik dan sosial budaya.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi