Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 11 SMA

Tuesday, October 30th, 2018 - Kelas 11 SMA, TIK

Bab II Akses Internet

  1. Sistem penyambungan internet dibedakan menjadi dua, yaitu ke warung internet dan menggunakan internet yang berada di kantor atau rumah.
  2. Dalam mengakses internet dibutuhkan software yang khusus, di antaranya adalah Microsoft Internet Explorer, Cute FTP, Gozilla, Mozilla, mIRC, dan Outlook Expres.
  3. Ragam cara penyambungan komputer ke internet, di antaranya sambungan langsung ke network, sambungan dengan mengguna-kan SLIP/PPP, dan sambungan ke On-Line Service.
  4. Sambungan On-Line Service dibedakan menjadi enam cara, yaitu melalui jaringan, Dial Up, menggunakan GPRS, melalui wifi, menggunakan TV Kabel, dan menggunakan Wireless Broadband.
  5. Internet merupakan sebuah jaringan antara komputer server (komputer penyedia layanan) dan komputer client (peminta layanan). Konfigurasinya dibedakan menjadi 3 macam, yaitu LAN (Local Area Network), WAN (Wide Area Network), dan MAN (Metropolit Area Network).
  6. Dalam mengakses internet seorang pelanggan dihubungkan oleh suatu media penyedia jasa ISP atau Internet Service Provider. Di Indonesia terdapat macammacam ISP, di antaranya Wasantara.Net, Telkom-Net Instant, Indosat, dan lainlain.
  7. Untuk menentukan ISP yang diinginkan harus dipertimbangkan adanya beberapa hal, yaitu berapa kecepatannya, berapa lebar Bandwithnya, memiliki server proxy atau tidak, bagaimana backbone-nya, bagaimana layanan yang diberikan, memiliki sistem pengamanan atau tidak, serta berapa biaya aksesnya.
  8. Ada dua cara untuk dapat terkoneksi ke ISP, yaitu Dial Up On Demand (koneksi secara temporer) dan sistem Leased Line atau Dedicated (cara koneksi ke internet selama 24 jam penuh).
  9. Proses pencarian informasi di internet disebut browsing, sedang-kan mesin yang dapat membantu proses browsing disebut Browser.
  10. Salah satu penemuan canggih yang digunakan untuk mencari informasi di internet adalah Search Engine atau mesin pencarian. Saat ini mesin pencarian yang populer adalah Google, Yahoo, Altavista, dan Lycos. Semua search engine tersebut dikelompokkan dalam kategori hybrid search engine.
  11. Secara garis besar file dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu file ASCII dan file biner. File ASCII adalah file teks biasa yang dapat dibaca oleh program notepad, wordpad, dan editor teks seperti DOS. Contoh-contoh file ASCII adalah file yang memiliki ekstensi txt, html, text, dan php.
  12. File biner adalah file-file selain teks biasa  dan memerlukan  program atau aplikasi khusus untuk membaca maupun menampilkannya. Contoh file biner adalah file Ms. Office (doc, ppt, dan xls), file gambar (bmp, gif, dan jpeg,) file musik (wav, au, dan mp3), file-file video atau movie (avi dan mpg), dan file terkompres (misalnya zip, tar, dan tgz).
  13. Acrobat reader merupakan fasilitas office yang dapat dipergunakan untuk membuka dan membaca file yang berkarakter pdf*.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi

Artikel Terkait