Rangkuman Materi Pelajaran TIK Kelas 11 SMA

Tuesday, October 30th, 2018 - Kelas 11 SMA, TIK

Bab III Menggunakan E-Mail

  1. E-mail adalah surat elektronik yang digunakan untuk berkirim surat melalui jalur internet, dengan e-mail ini orang dapat mengirim teks, file, maupun gambar.
  2. Penggunaan e-mail sebagai sarana komunikasi sangat meng-untungkan karena waktu pengirimannya sangat cepat dengan biaya yang cukup murah serta memiliki area yang cukup luas.
  3. Jenis e-mail ada tiga, yaitu POP Mail merupakan e-mail yang diterima melalui internet secara online, web-mail yaitu layanan e-mail yang cara pengaksesannya melalui website, dan e-mail forwarding, yaitu e-mail yang dapat meneruskan email yang diterimanya ke alamat e-mail yang lain.
  4. Proses pembuatan e-mail didahului oleh registrasi. Setelah registrasi berhasil harus memasukkan user ID dan password sebagai pembuka e-mail.
  5. Pengiriman surat melalui e-mail dapat pula melampirkan file atau gambar, proses tersebut dilakukan melalui fasilitas attachment file.

Bab IV Program Aplikasi Pengolah Angka

  1. Microsoft Excel merupakan spreadsheet untuk mengolah angka seperti menghitung rata-rata, membuat grafik, menjumlahkan, serta memanajemen database. Secara fisik Spreadsheet tersusun dari baris dan kolom. Pertemuan antara kolom dan baris disebut sel.
  2. File-file Excel seringkali disebut dengan workbook. Workbook tersusun dari kumpulan lembar-lembar kerja yang disebut worksheet. Sebuah worksheet tersusun dari 65.336 baris dan kolom dari A hingga IV.
  3. Spreadsheet keluaran terbaru adalah Excel 2007 yang dilengkapi dengan Quick Access Toolbar sehingga lebih tepat mengeksekusi data. Selain itu, dilengkapi dengan tab-tab menu di antaranya tab home, insert, page layout, formulas, data, review, dan view.
  4. Menu dan ikon yang terdapat pada office button seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close merupakan menu dan ikon pokok yang mempunyai fungsi utama pada pembuatan lembar kerja Microsoft Excel 2007, misalnya membuka lembar kerja, menyimpan dan mencetak lembar kerja.
  5. Salah satu fungsi Excel adalah untuk menghitung statistik, maka proses penghitungan dilakukan dengan memasukkan rumus. Proses penulisan rumus dalam Excel harus diawali dengan penulisan tanda sama dengan (=).
  6. Penulisan rumus digunakan operator matematik, seperti tanda penambahan (disimbolkan +), pengurangan (disimbolkan -), perkalian (disimbolkan *), dan pembagian (disimbolkan /). Untuk memasukkan perbandingan sebuah variabel digunakan simbol =, ><, >=, <=, dan <>.
  7. Jenis kategori fungsi dan formula dalam Microsoft Excel 2007 sebagai berikut.
    1. Fungsi aritmatika, yaitu kumpulan fungsi yang berisi perintah-perintah untuk mengolah data yang berupa numerik (angka). Beberapa jenis fungsi aritmatika adalah SUM, MOD, dan Round.
    2. Fungsi statistik, yaitu fungsi yang digunakan untuk mengolah data yang berupa numerik (angka) hanya saja operasi ini dilakukan dengan statistic. Adapun jenis dari fungsi ini adalah MIN, MAX, AVERAGE, dan COUNT.
    3. Fungsi text, yaitu kumpulan fungsi yang berisi perintah-perintah yang digunakan untuk mengolah data yang berupa text atau string.Jenis fungsi teks adalah LEFT, RIGHT, MID, dan LEN.
    4. Fungsi date and time, yaitu sekumpulan fungsi yang berisi perintahperintah untuk mengolah data yang mempunyai format tanggal (dd/mm/yy) atau waktu (hh:mm:ss). Beberapa jenis fungsi date and time adalah NOW, DAY, MONTH, YEAR, WEEKDAY, HOUR, MINUTE, dan SECOND.
    5. Fungsi logika, yaitu sekumpulan fungsi yang berisi perintah-perintah untuk mengoperasikan data secara logika. Jenis fungsi logika di antaranya adalah IF, AND, dan OR.
    6. Fungsi pembacaan table/pencarian tabel, termasuk di antaranya adalah HLOOKUP dan VLOOKUP.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi

Artikel Terkait